Potret Miris Pusat Perbelanjaan Menengah Bawah Tengah Mati Suri

Mulai normalnya aktivitas dan mobilisasi masyarakat saat ini setelah pandemi Covid-19 melanda Tanah Air sejak awal 2020 ternyata tak membuat pusat perbelanjaan atau mall khususnya kelas menengah ke bawah dapat survive.

Yanita Petriella

22 Okt 2022 - 09.22
A-
A+
Potret Miris Pusat Perbelanjaan Menengah Bawah Tengah Mati Suri

Suasana salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta, Jumat (2/7/2021). Presiden Joko Widodo resmi menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Pulau Jawa dan Bali yang mengatur salah satunya dengan menutup sementara beberapa fasiltas masyarakat seperti pusat perbelanjaan atau mal mulai dari tanggal 3 sampai 20 Juli 2021./ANTARA FOTO-Rivan Awal Lingga

Bisnis, JAKARTA – Mulai normalnya aktivitas dan mobilisasi masyarakat saat ini setelah pandemi Covid-19 melanda Tanah Air sejak awal 2020 ternyata tak membuat pusat perbelanjaan atau mall khususnya kelas menengah ke bawah dapat survive. 

Salah satu contohnya kondisi pusat perbelanjaan segmen trade center seperti ITC Roxy, LTC Glodok, Glodok City, ITC Ambassador, ITC Fatmawati dan lain sebagainya. Tak banyak pengunjung berada di pusat perbelanjaan segmen trade center ini. Bahkan, sebagian besar mereka memilih memasang iklan disewakan kios. 

Di sisi lain, mal non trade center seperti Plaza Semanggi ini juga tak ramai dikunjungi. Bahkan, banyak tenant di Plaza Semanggi yang memilih untuk menutup rolling door. Padahal sebelum pandemi, Plaza Semanggi ini merupakan tempat hiks yang ramai dikunjungi dan sangat terkenal karena memiliki auditorium Balai Sarbini. 

Sepinya pusat perbelanjaan ini juga dikarenakan perubahan tren bisnis ritel karena penggunaan e-commerce dalam berbelanja. Selain itu, juga karena daya tarik tempat perbelanjaan tersebut hanya menawarkan transaksi jual beli.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
company-logo

Lanjutkan Membaca

Potret Miris Pusat Perbelanjaan Menengah Bawah Tengah Mati Suri

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.