Bisnis, JAKARTA – Mulai normalnya aktivitas dan mobilisasi masyarakat saat ini setelah pandemi Covid-19 melanda Tanah Air sejak awal 2020 ternyata tak membuat pusat perbelanjaan atau mall khususnya kelas menengah ke bawah dapat survive.
Salah satu contohnya kondisi pusat perbelanjaan segmen trade center seperti ITC Roxy, LTC Glodok, Glodok City, ITC Ambassador, ITC Fatmawati dan lain sebagainya. Tak banyak pengunjung berada di pusat perbelanjaan segmen trade center ini. Bahkan, sebagian besar mereka memilih memasang iklan disewakan kios.
Di sisi lain, mal non trade center seperti Plaza Semanggi ini juga tak ramai dikunjungi. Bahkan, banyak tenant di Plaza Semanggi yang memilih untuk menutup rolling door. Padahal sebelum pandemi, Plaza Semanggi ini merupakan tempat hiks yang ramai dikunjungi dan sangat terkenal karena memiliki auditorium Balai Sarbini.
Sepinya pusat perbelanjaan ini juga dikarenakan perubahan tren bisnis ritel karena penggunaan e-commerce dalam berbelanja. Selain itu, juga karena daya tarik tempat perbelanjaan tersebut hanya menawarkan transaksi jual beli.