Potret Persaingan Tak Sehat Bank Syariah RI di Balik Aksi Muhammadiyah Bedol Duit BSI

Persaingan bank syariah di Indonesia dinilai kurang sehat lantaran didominasi oleh satu pemain, dalam hal ini BSI.

Fahmi Ahmad Burhan

9 Jun 2024 - 15.02
A-
A+
Potret Persaingan Tak Sehat Bank Syariah RI di Balik Aksi Muhammadiyah Bedol Duit BSI

Karyawan melayani nasabah di salah satu cabang PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BRIS) di Jakarta, Kamis (4/1/2024). - Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis, JAKARTA—  PP Muhammadiyah mengalihkan dana triliunan rupiah dari PT Bank Syariah Indonesia (Persero) Tbk atau BSI ke bank syariah lainnya menjadi sorotan. Aksi tersebut dilakukan dengan dalih agar tercipta persaingan yang sehat.

Mengingat, selama ini persaingan bank syariah di Indonesia dinilai kurang sehat lantaran didominasi oleh satu pemain, dalam hal ini BSI.

Beredar surat PP Muhammadiyah mengenai konsolidasi keuangan di lingkungan Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) bertanggal 30 Mei 2024. Dalam surat tersebut, terdapat permintaan rasionalisasi dana simpanan dan pembiayaan di BSI ke bank syariah lain, seperti PT Bank KB Bukopin Syariah, PT Bank Mega Syariah, PT Bank Muamalat Indonesia Tbk., dan lainnya.  

Kendati begitu, hingga saat ini memang belum terdapat penjelasan yang pasti terkait total dana yang tersimpan di BSI. Akan tetapi, kabar yang beredar nilainya mencapai Rp13 triliun—15 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.