PR Menggunung Pembenahan QRIS bagi Perry Warjiyo

Layanan QRIS mulai dikeluhkan oleh banyak pengguna akhir-akhir ini. Pembenahan layanan ini bakal menjadi salah satu tugas Perry Warjiyo di era kedua kepemimpinannya di Bank Indonesia.

Emanuel Berkah Caesario

26 Feb 2023 - 19.43
A-
A+
PR Menggunung Pembenahan QRIS bagi Perry Warjiyo

Bisnis, JAKARTA – Perry Warjiyo kembali dicalonkan sebagai Gubernur Bank Indonesia untuk periode 2023-2028. Ada sejumlah tantangan yang harus dihadapi di periode kedua kepemimpinannya ini, salah satunya mendorong interoperabilitas sistem pembayaran menggunakan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS).

QRIS merupakan penyatuan berbagai macam QR dari penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) dengan menggunakan QR code. Tujuan QRIS dibuat untuk memudahkan transaksi. Jadi, apapun alat pembayarannya, setiap transaksi nantinya hanya memerlukan satu kode QR yaitu QRIS setiap merchant yang sudah bekerja sama.

Sistem yang diluncurkan pada 2019 ini mencatatkan pertumbuhan penggunaan yang pesat. BI mencatat, jumlah pengguna QRIS di Indonesia sebanyak 28,75 juta hingga Desember 2022. Jumlah tersebut sudah bertambah 15,95 juta pengguna dibandingkan pada akhir tahun sebelumnya.

Selain itu, total merchant yang telah memakai QRIS tercatat sebanyak 22,7 juta. Lebih lanjut, BI telah bekerja sama dengan bank sentral Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Jepang terkait interkoneksi QRIS. Dengan kerja sama tersebut, warga Indonesia bisa bertransaksi menggunakan QRIS saat pergi ke lima negara tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

PR Menggunung Pembenahan QRIS bagi Perry Warjiyo

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.