PR Pengembangan Ekosistem Kendaraan Listrik.

Indonesia disebut masih perlu melakukan berbagai perbaikan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik, baik dari sisi insentif fiskal, kebijakan tarif, hingga penguatan dukungan politik.

Fatkhul Maskur

27 Apr 2022 - 14.00
A-
A+
PR Pengembangan Ekosistem Kendaraan Listrik.

Bisnis, JAKARTA - Indonesia disebut masih perlu melakukan berbagai perbaikan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik, baik dari sisi insentif fiskal, kebijakan tarif, hingga penguatan dukungan politik. 

Direktur Riset Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Berly Martawardaya menjelaskan bahwa Indonesia masih dalam tahap yang sangat dini untuk mengembangkan ekosistem kendaraan listrik. Perlu terdapat sejumlah perbaikan agar ekosistem dapat tercipta dengan optimal.

Masih mahalnya harga kendaraan listrik membuat pemerintah harus memperkuat insentif fiskal. Saat ini terdapat pengenaan pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) nol persen dan uang muka (down payment atau DP) nol persen, serta terdapat sejumlah insentif pajak bagi industri terkait kendaraan listik.

"Insentif fiskal harus terus menjadi pendorong utama karena harga kendaraan listrik masih mahal. Perlu ada dorongan fiskal juga untuk penyediaan infrastruktur penunjang, seperti stasiun pengisian daya [charging station] khususnya pertama-tama di wilayah Jakarta, Surabaya, dan Pantura," ujar Berly kepada Bisnis, Selasa (26/4/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur
company-logo

Lanjutkan Membaca

PR Pengembangan Ekosistem Kendaraan Listrik.

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.