Prediksi Kenaikan Suku Bunga BI Hingga 25 Basis Poin Menguat

Para ekonom memperkirakan kenaikan suku bunga BI sebesar 25 basis poin menjadi 4 persen dalam RDG September seiring dengan langkah hawkish Federal Reserve. Selain itu, kenaikan harga BBM mengompori inflasi bulan ini.

Nindya Aldila

20 Sep 2022 - 22.01
A-
A+
Prediksi Kenaikan Suku Bunga BI Hingga 25 Basis Poin Menguat

Bisnis, JAKARTA - Peluang kelanjutan pengetatan kebijakan moneter Bank Indonesia (BI) dalam Rapat Dewan Gubernur pada September terbuka lebar seiring dengan nada hawkish Federal Reserve yang makin kentara. Selain itu, kenaikan harga BBM mengompori inflasi bulan ini.

Para ekonom dalam negeri sudah memperkirakan kenaikan suku bunga BI sebesar 25 basis poin menjadi 4 persen dalam RDG yang akan dilaksanakan pada 21 - 22 September 2022. 

Sementara itu, pelaku pasar saat ini tengah menantikan keputusan suku bunga acuan dari The Fed dalam pertemuan 20 – 21 September 2022. Investor memperkirakan bank sentral AS menaikkan suku bunga sebesar 75 basis poin, mengerek acuan suku bunga di atas 3 - 3,25 persen, jauh lebih tinggi dari 0 persen pada awal tahun ini.

Para pejabat yang tergabung dalam Federal Open Market Committee (FOMC) sudah merilis pernyataan kebijakan untuk memperbarui perkiraan yang kemungkinan mengarah ke 4 persen selama beberapa bulan ke depan dan bertahan sedikit lebih tinggi sampai 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Nindya Aldila
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan Login Di Sini

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.