Prediksi Pemulihan Pasar Sektor Properti 2023, Seperti Apa?

Lebih dari 2 tahun pandemi Covid-19 yang melanda Tanah Air membuat sektor properti bekerja keras hadapi tekanan. Namun di tahun 2023 ini rupanya beberapa sub sektor properti masih belum bisa bernapas lega untuk pulih seperti sebelum pandemi. Tahun 2023 ini diproyeksikan banyak sentimen negatif.

Yanita Petriella

7 Jan 2023 - 19.04
A-
A+
Prediksi Pemulihan Pasar Sektor Properti 2023, Seperti Apa?

ilustrasi properti Jakarta. /istimewa

Bisnis, JAKARTA – Lebih dari 2 tahun pandemi Covid-19 yang melanda Tanah Air membuat sektor properti bekerja keras hadapi tekanan. Namun di tahun 2023 ini rupanya beberapa subsektor properti masih belum bisa bernapas lega untuk pulih seperti sebelum pandemi. Tahun 2023 ini diproyeksikan banyak sentimen negatif yang menghadang sektor properti mulai dari ancaman resesi, suku bunga tinggi hingga mulainya tahun politik. 

Senior Associate Director Research Colliers Indonesia Ferry Salanto mengatakan sektor properti masih mengalami sejumlah tantangan di tahun ini. Beberapa subsektor properti yang masih mengalami beberapa pemulihan di tahun ini. Untuk subsektor properti perkantoran di Jakarta masih mengalami perlambatan pemulihan di tahun ini. 

Di sepanjang 2022, banyak perusahaan yang menahan untuk melakukan relokasi dan ekspansi sembari menunggu stabilnya kondisi ekonomi. Di samping itu, komitmen penyewa pada gedung kantor baru akan sangat menentukan naik dan turunnya tingkat hunian di tahun 2023. 

“Tingkat hunian diperkirakan akan kembali menurun pada 2023 akibat tingginya jumlah pasok baru. Namun tingkat hunian diharapkan akan mulai membaik mulai dari tahun 2024. Pasokan perkantoran di kawasan Jakarta melambat di kuartal IV-2022. Hal ini diprediksi terus berlanjut hingga tahun 2023,” ujarnya dalam laporan dikutip, Sabtu (7/1/2023). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
company-logo

Lanjutkan Membaca

Prediksi Pemulihan Pasar Sektor Properti 2023, Seperti Apa?

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.