Prediksi Tembus Rp1.090 Triliun, SCI Bahas Peluang Logistik 2023

Data BPS menunjukkan bahwa sektor itu tumbuh tertinggi dibandingkan sektor-sektor lainnya pada tiga triwulan terakhir di tahun 2022 yang berturut-turut sebesar 15,79 persen, 21,27 persen, dan 25,81 persen.

Jaffry Prabu Prakoso

29 Nov 2022 - 13.59
A-
A+
Prediksi Tembus Rp1.090 Triliun, SCI Bahas Peluang Logistik 2023

Truk logistik tengah membawa barang ke tujuan. SCI juga memprediksi kontribusi sektor itu hingga akhir 2022 akan mencapai Rp 957,9 triliun. /Bisnis

JAKARTA – Supply Chain Indonesia (SCI) memprediksi kontribusi lapangan usaha atau sektor transportasi dan pergudangan terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) menembus angka Rp 1.090,2 triliun pada 2023. 

SCI juga memprediksi kontribusi sektor itu hingga akhir 2022 akan mencapai Rp 957,9 triliun setelah pada tahun sebelumnya sebesar Rp 719,6 triliun.

Prediksi itu berdasarkan analisis SCI atas data Badan Pusat Statistik (BPS) sampai triwulan III/2022. Data BPS menunjukkan bahwa sektor itu tumbuh tertinggi dibandingkan sektor-sektor lainnya pada tiga triwulan terakhir di tahun 2022 yang berturut-turut sebesar 15,79 persen, 21,27 persen, dan 25,81 persen.

Suasana gudang J&T Express./jet.co.id

Di lain sisi, perekonomian nasional maupun sektor logistik secara khusus dipengaruhi oleh perkembangan geopolitik, disrupsi rantai pasok global, dan ancaman krisis tahun 2023.

Perkembangan, tantangan, dan peluang sektor logistik itu akan dibahas mendalam pada Seminar Outlook Bisnis Logistik 2023 di Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya pada Rabu, (7/12/2022) dengan mengundang para pembicara berkompeten.

Baca juga: Aksi SiCepat Ekspres Terapkan Logistik Hijau

Chairman SCI & CEO Ruang Logistik Setijadi akan membahas mengenai peluang dan tantangan sektor logistik Indonesia serta antisipasi ancaman resesi pada tahun 2023. 

Sedangkan Logistic Director PT Unilever Indonesia, Tbk. Elice Yunus dan CEO PT Parama Global Inspira (Paragon Group) Yauche Lizar berturut-turut akan memaparkan perkembangan industri fast moving consumer goods (FMCG) dan industri kosmetik, serta proyeksi dan peluang bisnis dan logistiknya pada tahun 2023.

Fulfillment Center Manager PT Eden Pangan Indonesia Artha Nugraha Jonar dan Presiden Institut Otomotif Indonesia & Founder/CEO IBIMA I Made Dana M. Tangkas berturut-turut akan menyampaikan dari sisi industri pangan dan industri otomotif .

Baca juga: Tanjung Priok Macet Gegara Sistem IT, Pengusaha Logistik Merugi

Seminar juga akan menghadirkan Dirut PT Pelindo Solusi Logistik Joko Noerhudha dan Dirut PT Krakatau Jasa Logistik Puji Winarto. Mereka akan menjelaskan peran industri jasa logistik dan transportasi multimoda dalam peningkatan efisiensi logistik dan pertumbuhan industri nasional.

Selain itu, Head of Commercial Mostrans Arnold Rudianto dan Founder moveonline.com Teguh Siswanto akan memaparkan digitalisasi transportasi dan industri jasa logistik, serta peranannya dalam peningkatan efisiensi industri.

Setijadi menyatakan bahwa seminar akan mempertemukan para praktisi penyedia dan pengguna jasa logistik, serta pemerintah, akademisi, dan pemerhati bidang logistik untuk membahas strategi terbaik dalam menghadapi peluang dan tantangan bisnis logistik tahun 2023.

Registrasi seminar ini dibuka sampai 2 Desember 2022 melalui tautan https://bit.ly/OutlookLogistik atau melalui Sdri. Meryana Sagita No. WA 082115159393. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.