Presiden Jokowi: Lombok Bukan Hanya Mandalika

Presiden Jokowi mengingatkan banyak lokasi lain di wilayah NTB yang memiliki potensi atau menjadi destinasi wisata selaln Mandalika. Presiden berharap ajang MotoGP di Mandalika menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi di NTB.

Saeno, Yanita Petriella & Lili Sunardi
Jan 15, 2022 - 7:00 AM
A-
A+
Presiden Jokowi: Lombok Bukan Hanya Mandalika

Presiden Jokowi saat meninjau Sarhunta di Lombok jelang MotoGP Mandalika./Kementerian PUPR

Bisnis, JAKARTA - Presiden Joko Widodo alias Jokowi mengingatkan bahwa Lombok bukan hanya Mandalika. Banyak lokasi lain di wilayah NTB yang memiliki potensi atau menjadi destinasi wisata selain Mandalika.

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi melalui akun Instagramnya, dipantau Sabtu (15/1/2022). 

"Mandalika siapa yang tak mengenalnya kini? Di sana ada sirkuit balap berkelas dunia yang siap menjadi lokasi penyelenggaraan MotoGP," ujar Presiden Jokowi.

Namun, Presiden Jokowi mengingatkan bahwa Lombok bukan hanya Mandalika. 

"Siapa pun yang berkunjung ke Lombok, NTB, akan terpesona oleh bentang alamnya, dari laut sampai gunung. Pantai Tangsi, Gili Trawangan, Gunung Rinjani, Sendang Gile, Bukit Merese, desa-desa adat, dan sebagainya," ujar Presiden.

Mandalika kembali menjadi berita seiring rencana penyelenggaraan lomba MotoGP 2022. Terkait gelaran tersebut, Presiden Jokowi telah berkunjung dan mengecek kesiapan sirkuit Mandalika. Presiden juga meninjau Sarana Hunian Pariwisata (Sarhunta) atau homestay di Mandalika.

Presiden Jokowi berharap keberadaan Sarana Hunian Pariwisata (Sarhunta) atau homestay bisa mendukung gelaran ajang MotoGP di Mandalika, sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

“Kami juga ingin agar Mandalika ini tidak hanya urusan balap motor, tetapi juga memberikan efek pertumbuhan ekonomi pada masyarakat. Oleh sebab itu, pada beberapa desa di Mandalika telah dibangun homestay, dan sekarang siap sekitar 300 homestay,” ujarnya, seperti dikutip dalam siaran pers, Jumat (14/1/2022). 

Dalam kunjungannya ke Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Presiden Jokowi juga meninjau kesiapan infrastruktur di sepanjang koridor Sirkuit Mandalika. 

Hal tersebut dilakukan Presiden Jokowi untuk memastikan kesiapan penyelenggaraan MotoGP, mulai dari layanan kedatangan Bandara Internasional Lombok, konektivitas menuju Sirkuit Mandalika hingga infrastruktur pendukung seperti homestay bagi wisatawan. 

Presiden Jokowi juga mengecek sejumlah fasilitas yang ada di sejumlah unit Sarhunta atau homestay yang dibangun oleh Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR di Desa Sengkol dan Desa Kuta, serta berbincang-bincang dengan masyarakat penerima bantuan tersebut. 

“Kami harapkan pada saat penyelenggaraan MotoGP seluruh homestay di sekitar Sirkuit MotoGP Mandalika terisi penuh, dan memberikan dampak ekonomi terhadap masyarakat di sekitar Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Mandalika. Tadi saya sudah mengecek satu per satu dari homestay yang telah dikerjakan Kementerian PUPR, dan nanti kami lihat Maret apakah terisi atau tidak. Menurut saya akan terisi semuanya,” ucapnya. 

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, secara keseluruhan pembangunan homestay sebanyak 300 unit yang sudah terbangun di Desa Gerupuk dan Kuta. 

Selain itu, masih ada 196 unit homestay di sepanjang koridor Sirkuit Mandalika yang masih dalam proses rehabilitasi. 

Pembangunan homestay tersebut mengadopsi kearifan lokal seperti Bale Lumbung dan Bale Bonter dengan konsep rumah lumbung, serta berdasarkan kearifan Suku Sasak.




Tiket MotoGP Mandalika

MotoGP Mandalika diagendakan berlangsung pada Maret 2022.  PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) bersama Mandalika Grand Prix Association membuka penjualan tiket secara online dan offline mulai 6 Januari 2022. 

Penjualan tiket MotoGP kategori Premium Grandstand dan VIP Hospitality Suites mulai dibuka pada Jumat, 6 Januari 2022. Penjualan tiket kategori General Admission dan Standard Grandstand dibuka pada Selasa, 11 Januari 2022. 

Calon penonton dapat melakukan pembelian tiket secara online melalui 10 platform pembelian tiket yang merupakan partner dari ITDC Group, antara lain channel digital Xplorin yang didukung oleh Bank NTB Syariah, InJourney, Tiketapasaja.com, Tiket.com, My Pertamina Apps, DyandraTiket.com mulai tanggal 6 Januari 2022. 

Pembelian secara offline dapat dilakukan di gerai Alfamart, Indomaret, dan Angkasa Pura Hotel yang mulai dibuka pada 11 Januari 2022. 

Tiket MotoGP ini memiliki variasi harga sesuai dengan tempat menonton yang terbagi menjadi lima kategori yaitu:  -

- General Admission dengan jumlah kuota sebesar 10.000 tiket

=Standard Grandstand sebanyak 28.578 tiket

- Premium Grandstand 22.056 tiket

- Deluxe Class 2.000 tiket

- Premiere Class 900 tiket. 

Total disediakan sebesar 63.534 tiket per hari. 

Tahun ini, ITDC-MGPA menyediakan tiket harian pada kategori General Admission, Standard Grandstand, dan Premium Grandstand. 

Harga tiket hari pertama pada 18 Maret berkisar antara Rp 115.000 sampai Rp431.250. 

Untuk tanggal 19 Maret, harga tiket berkisar antara Rp287.500 sampai Rp1.150.000.

Pada 20 Maret, tiket dijual mulai Rp575.000 sampai Rp1.725.000. 

Selain tiket harian, penyelenggara menyiapkan paket weekend pass yakni Sabtu dan Minggu untuk tiga kategori yang sama dimulai dari harga Rp805.000 sampai Rp2.587.000. 

Khusus kategori VIP Hospitality Suites, tersedia tiket 3 days pass yang dijual pada rentang Rp10.000.000 – Rp15.000.000 (berlaku untuk menonton selama tiga hari). 

Calon penonton yang telah mendaftar pada pre-booking tiket akan mendapatkan prioritas kuota dan akan dihubungi melalui data yang telah diinput dalam jangka waktu tertentu.

Sebagai informasi, General Admission merupakan tiket non-seating area, penonton bisa masuk ke area Sirkuit untuk menyaksikan balap dari layar besar dan menyaksikan konten di dalam area komersial namun tidak masuk pada area Grandstand. 

Standard Grandstand terbagi menjadi enam titik lokasi duduk yaitu zona C di tikungan 1, zona D di tikungan 3, zona E di tikungan 6, zona F di tikungan 8, zona G di tikungan 12, zona H di tikungan 13, zona I di tikungan 14. 

Premium Grandstand berada di empat titik yaitu di zona A pada area start dan finish balap, serta beberapa titik lainnya, zona B di tikungan 1, zona J di tikungan 15, dan zona K di tikungan 16. 

VIP Hospitality Suites terbagi menjadi dua kelas, yakni Premiere Class yang berlokasi di lantai 2 Pit Building sehingga memudahkan penonton untuk berinteraksi dengan pembalap, dan Deluxe Class berlokasi di VIP Village berdekatan dengan Paddock Sirkuit. 


Editor: Saeno

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar