Prestasi Himbara Bangkit dari Krisis dan PR yang Belum Tuntas

Bank-bank BUMN yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) berhasil mencetak pertumbuhan laba hingga 78,06 persen pada 2021 lalu. Namun, capaian ini belum mampu menyamai kinerja sebelum pandemi. Selain itu, masih banyak pekerjaan rumah yang harus ditangani bank-bank milik negara ini.

Emanuel Berkah Caesario

23 Feb 2022 - 20.40
A-
A+
Prestasi Himbara Bangkit dari Krisis dan PR yang Belum Tuntas

Bisnis, JAKARTA — Pertumbuhan laba bank-bank milik negara yang mencapai 78,06 persen sepanjang 2021 lalu menjadi bukti keberhasilan kerja keras bersama antara perbankan, regulator, dan pemerintah. Namun, selagi pandemi belum usai, beban bank-bank BUMN ini untuk mendorong roda ekonomi masih cukup berat.

Capaian laba yang tinggi di kalangan bank-bank yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) ini di satu sisi memang mencerminkan upaya pemulihan kinerja yang sukses. Namun, di sisi lain, prestasi ini masih menyisakan pekerjaan rumah yang menantang bagi Himbara.

Tingkat pertumbuhan yang tinggi pada 2021 tidak terlepas dari faktor low base effect, yakni rendahnya nilai acuan kinerja pada 2020 sebagai pembandingnya. Hal ini tidak mengherankan, sebab pada 2020 lalu, kinerja Himbara turun cukup dalam akibat beban restrukturisasi kredit yang berat.

Meskipun demikian, hal ini tentu tidak berarti mengecilkan prestasi yang berhasil dicapai Himbara sepanjang 2021 lalu. Himbara pun tahun ini masih akan dibebankan tanggung jawab untuk mengakselerasi kinerja dan kontribusinya terhadap perekonomian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.