Prestasi Semen Padang Topang Bisnis SMGR

Kinerja PT Semen Padang selaku salah satu kontributor utama bagi PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. cukup prima sepanjang tahun ini, terutama ditopang pasar ekspor.

Dwi Nicken Tari

30 Nov 2021 - 14.18
A-
A+
Prestasi Semen Padang Topang Bisnis SMGR

Fasilitas kiln atau pembakar semen di Pabrik Indarung 1 milik PT Semen Padang. Pabrik Indarung 1 berhenti beroperasi penuh pada 1999./Dwi Nicken Tari

Bisnis, JAKARTA — PT Semen Padang selalu menjadi kebanggaan bagi masyarakat Minangkabau sekaligus saksi bisu sejarah Indonesia sejak masa kebangkitan nasional. Kini, perusahaan yang menaungi pabrik semen pertama di Indonesia itu menjadi anak usaha yang berkontribusi terhadap kinerja PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. (SMGR).

PT Semen Padang yang awalnya bernama NV Nederlandsche Indische Portland Maatschappij merupakan pemilik pabrik semen pertama di kawasan Asia Tenggara. Pabrik itu dibangun pada 1910 atau berselang 2 tahun setelah berdirinya organisasi Boedi Oetomo yang menandakan dimulainya era kebangkitan nasional di Indonesia.

Pabrik yang diberi nama Indarung 1 itu terletak di Kel. Indarung, Kec. Lubuk Kilangan, Kota Padang, Prov. Sumatra Barat. Ketika awal beroperasi, pabrik Indarung 1 mendapat pasokan listrik dari Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) pertama di Indonesia yang dibangun lebih dulu pada 1908.

Pabrik Indarung 1 efektif memproduksi semen pada 1912 dengan kapasitas 22.800 ton semen per tahun. Di pabrik ini terdapat lima kiln atau silinder dengan panjang 50 meter dan diameter 2 meter sebagai tempat pembakar campuran semen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan Login Di Sini

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.