Primadona Big Caps Geser Kekuatan Saham Konglomerat

Sejumlah saham berkapitalisasi pasar jumbo atau big cap menjadi primadona sepanjang bulan Januari 2024 mengalahkan beberapa saham konglomerat di tengah momentum January Effect.

Rizqi Rajendra & Fahmi Ahmad Burhan

19 Jan 2024 - 20.12
A-
A+
Primadona Big Caps Geser Kekuatan Saham Konglomerat

Karyawan memantau pergerakan saham di salah satu perusahaan sekuritas di Jakarta, Rabu (4/10/2023). Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis, JAKARTA—Sejumlah saham berkapitalisasi pasar jumbo atau big cap menjadi primadona sepanjang bulan Januari 2024 mengalahkan beberapa saham konglomerat di tengah momentum January Effect. 

Mengacu data statistik Bursa Efek Indonesia (BEI) per Kamis, (18/1/2024), saham PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI) menjadi penggerak utama IHSG dengan menopang IHSG 43,33 poin. 

Saham BMRI pun naik 7,9% secara year-to-date (ytd) ke posisi Rp6.525 pada perdagangan kemarin, Kamis, (18/1/2024). Analis MNC Sekuritas Herditya Wicaksana mengatakan, dari jajaran saham big cap, dia hanya merekomendasikan saham BMRI. Sebab, secara teknikal dia mencermati emiten perbankan masih cenderung terkoreksi. "Rekomendasi buy on weakness untuk saham BMRI dengan target harga terdekat di Rp6.675 hingga Rp6.800 per saham," ujar Herditya kepada Bisnis, Jumat, (19/1/2024).

Saham jumbo penggerak IHSG lainnya yakni PT Amman Mineral Internasional Tbk. (AMMN) milik Grup Panigoro-Salim, yang menopang IHSG 28,61 poin. Kemudian, disusul saham PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) mendorong IHSG 19,22 poin dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BBNI) menopang 6,37 poin. Secara year to date hingga perdagangan Kamis, (18/1/2024), saham AMMN naik 14,1% ke level Rp7.475, sedangkan saham BBCA naik 2,9% ke posisi Rp9.675, dan saham BBNI naik 3,3% ke level Rp5.550 per saham.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
company-logo

Lanjutkan Membaca

Primadona Big Caps Geser Kekuatan Saham Konglomerat

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.