Pro Kontra Impor Gula Konsumsi Lewat Perpres Swasembada Gula RI

Rencana pemerintah menerbitkan Perpres tentang Swasembada Gula menuai pro dan kontra. Sebab, salah satu poin dalam rancangan tersebut memberi kesempatan bagi BUMN maupun swasta untuk mengimpor gula konsumsi.

Rayful Mudassir

27 Okt 2022 - 20.13
A-
A+
Pro Kontra Impor Gula Konsumsi Lewat Perpres Swasembada Gula RI

Pekerja menata tebu di bak truk saat panen di Desa Kewadungan, Kediri, Jawa Timur, Selasa (21/6/2022). ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani

Bisnis, JAKARTA - Rencana pemerintah menerbitkan Peraturan Presiden terkait swasembada gula menuai pro dan kontra. Aturan ini berpotensi makin membuat petani tebu domestik terhimpit setelah dibukanya impor gula konsumsi.

Rancangan Perpres tentang percepatan swasembada gula konsumsi 2025 dan rafinasi 2030 mendapat sorotan dari berbagai pihak. Pemerintah menyebut beleid ini merupakan niatan Presiden agar produksi gula dalam negeri meningkat.

Peningkatan produksi ini diharapkan mampu menciptakan pasar ekspor bagi industri gula domestik. Namun, rencana tersebut dibarengi dengan dibukanya kuota impor gula mentah (raw sugar) maupun gula kristal putih alias gula konsumsi untuk kebutuhan dalam negeri. 

Baca Juga: Sugar Co. Jadi Titik Awal Revitalisasi Industri Gul

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir
company-logo

Lanjutkan Membaca

Pro Kontra Impor Gula Konsumsi Lewat Perpres Swasembada Gula RI

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.