Pro Kontra Penghapusan Listrik 450 VA, Subsidi Kian Tinggi

Usulan DPR terkait penghapusan daya listrik 450 VA berpotensi meningkatkan beban subsidi yang harus ditanggung Negara. Di lain pihak, situasi ini bakal memicu peningkatan konsumsi listrik bagi kalangan kelas menengah ke bawah.

Rayful Mudassir
Sep 14, 2022 - 6:39 AM
A-
A+
Pro Kontra Penghapusan Listrik 450 VA, Subsidi Kian Tinggi

Warga melakukan pengisian listrik prabayar di Jakarta, Senin (4/7/2022). Bisnis/Suselo Jati

Bisnis, JAKARTA - Pro kontra ihwal usulan penghapusan golongan pelanggan listrik bersubsidi 450 volt ampere (VA) terus menyeruak setelah Badan Anggaran DPR RI mendengungkan isu liar tersebut.


Lewat penghapusan itu, golongan pelanggan kelas menengah ke bawah akan dipaksa untuk naik golongan listrik menjadi 900 VA. Perubahan pemakaian daya ini akan berdampak pada meningkatnya konsumsi energi rumah tangga masyarakat kecil. 


Editor: Rayful Mudassir
company-logo

Lanjutkan Membaca

Pro Kontra Penghapusan Listrik 450 VA, Subsidi Kian Tinggi

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ