Pro Kontra Proyek Tol Terowongan Bawah Laut IKN Nusantara

Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) mengungkapkan proyek terowongan bawah laut perdana di Indonesia yang akan dibangun di IKN Nusantara dengan nilai mencapai Rp10 triliun berpotensi dapat merusak ekosistem lingkungan.

Redaksi

28 Des 2023 - 17.44
A-
A+
Pro Kontra Proyek Tol Terowongan Bawah Laut IKN Nusantara

jembatan-pulau-balang-akses-penghubung-menuju-ikn-071022

Bisnis, JAKARTA – Rencana pembangunan proyek terowongan bawah laut yang akan menjadi tol dari Balikpapan menuju Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Kalimantan Timur menuai sejumlah polemik. 

Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) mengungkapkan proyek terowongan bawah laut perdana di Indonesia yang akan dibangun di IKN Nusantara dengan nilai mencapai Rp10 triliun berpotensi dapat merusak ekosistem lingkungan. Meski demikian, berdasarkan kajian, proyek ini dinilai menjadi yang paling minim berdampak pada ekosistem laut di sekitar Teluk Balikpapan.

Direktur Pengembangan Pemanfaatan Kehutanan dan Sumber Daya Air Kedeputian Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam Otorita IKN Pungky Widiaryanto mengatakan pembangunan sejumlah proyek infrastruktur di IKN memang memantik dilematika. Namun, dia lagi-lagi memastikan bahwa pemerintah telah melakukan studi serta meminimalisir dampak negatif dari setiap proyek yang ada.

Pada awalnya, pemerintah berencana hendak membangun jembatan yang mampu menghubungkan antara Balikpapan dengan IKN melalui Teluk Balikpapan dimana jika ditilik dari segi biaya, pembangunan jembatan tersebut memang dinilai jauh lebih ekonomis. Akan tetapi, proyek tersebut disinyalir akan merusak lingkungan, khususnya habitat satwa pesut dan beberapa spesies lainnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
company-logo

Lanjutkan Membaca

Pro Kontra Proyek Tol Terowongan Bawah Laut IKN Nusantara

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.