Pro Kontra Wacana Impor Minyak Mentah dari Rusia

Kendati Negeri Beruang Merah itu menawarkan harga 30 persen lebih murah dibandingkan dengan harga internasional dan sejumlah negara diketahui juga sudah melakukan pembelian minyak dari Rusia, tetap saja wacana impor tersebut memunculkan pro dan kontra.

Ibeth Nurbaiti

24 Agt 2022 - 18.30
A-
A+
Pro Kontra Wacana Impor Minyak Mentah dari Rusia

Fasilitas produksi minyak Rusia di Vankorskoye, Siberia./Antara-Reuters

Bisnis, JAKARTA — Wacana impor minyak dari Rusia yang kembali mengemuka di tengah ancaman serius geopolitik dan geoekonomi global akibat konflik Rusia dan Ukraina yang belum menunjukkan tanda-tanda akan berakhir telah memicu terjadinya polemik.

Kendati Negeri Beruang Merah itu menawarkan harga 30 persen lebih murah dibandingkan dengan harga internasional dan sejumlah negara diketahui juga sudah melakukan pembelian minyak dari Rusia, tetap saja wacana impor tersebut memunculkan pro dan kontra. Terlebih, ada ancaman sanksi dan kecaman dari dunia internasional dalam perdagangan dengan Rusia.

Direktur Eksekutif Energy Watch Mamit Setiawan menilai positif rencana pemerintah untuk membuka peluang impor minyak mentah asal Rusia, apalagi harganya lebih rendah 30 persen dari harga di pasar internasional. 

Baca juga: Pemerintah Kaji Impor Minyak dari Rusia, Peluang atau Ancaman?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan Login Di Sini

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.