Problematika Dana Pensiun yang Makin Rapuh

Isu kecukupan dana bisnis dana pensiun sebenarnya bukan sesuatu yang baru. Belum selesai satu kasus, satu persatu permasalahan bermunculan yang seolah ingin menunjukkan dasar gunung es rapuhnya dapen Indonesia.

Rika Anggraeni

12 Okt 2023 - 21.24
A-
A+
Problematika Dana Pensiun yang Makin Rapuh

Ilustrasi dana pensiun./Bisnis - Albir Damara

Bisnis, JAKARTA—Isu kecukupan dana  bisnis dana pensiun sebenarnya bukan sesuatu yang baru. Belum selesai satu kasus, satu persatu permasalahan bermunculan yang seolah ingin menunjukkan dasar gunung es rapuhnya dapen Indonesia.

Setelah Menteri BUMN Erick Thohir mengumumkan empat penyelenggara dana pensiun BUMN bermasalah, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengekspos 12 penyelenggara dapen di bawah pengawasan khusus regulator itu.

Sebelumnya, Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Penjaminan, dan Dana Pensiun merangkap Anggota Dewan Komisioner OJK Ogi Prastomiyono mengatakan 12 dapen dalam pengawasan ini merupakan dapen gabungan, yang juga di dalamnya merupakan dapen pelat merah,

Ogi menjelaskan bahwa kriteria status pengawasan dana pensiun ini sebagaimana diatur di dalam POJK 9/2021 mengenai penetapan status dan tindak lanjut pengawasan lembaga jasa keuangan non bank (LJKNB).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
company-logo

Lanjutkan Membaca

Problematika Dana Pensiun yang Makin Rapuh

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.