Program Makan Siang Gratis ala Prabowo dan Subsidi Energi

Prabowo disebut-sebut akan memangkas subsidi energi dan mengalihkannya untuk program makan siang gratis fase awal.

Wibi Pangestu Pratama & Ibeth Nurbaiti

16 Feb 2024 - 17.18
A-
A+
Program Makan Siang Gratis ala Prabowo dan Subsidi Energi

Suasana saat berlangsungnya acara Mengawal Suara Rakyat di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (14/2/2024). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis, JAKARTA — Besarnya alokasi belanja energi yang digelontorkan pemerintah setiap tahunnya berdampak terhadap beban subsidi yang kian berat dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Kendati demikian, pemberian subsidi energi, terutama untuk BBM, LPG, dan listrik dinilai cukup ampuh meredam inflasi, pengangguran, hingga kemiskinan meskipun kondisi keuangan negara nyatanya menjadi tidak sehat.

Hal ini pula yang kemudian menjadi sorotan calon presiden dan calon wakil presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Prabowo disebut-sebut akan mengevaluasi subsidi energi dan mengalihkannya untuk program makan siang gratis fase awal. 

Dalam wawancara dengan Bloomberg Television, Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Mohammad Eddy Dwiyanto Soeparno menjelaskan bahwa pihaknya sudah menyiapkan strategi pengalokasian dana untuk program andalan pasangan capres-cawapres nomor urut 02 dalam Pemilu 2024 tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.