Program Prabowo Bikin Pening Disiplin Fiskal APBN 2025

Pemerintah Presiden Joko Widodo dibuat pusing menyusun APBN 2025 yang menjadi anggaran milik capres terpilih yang kemungkinan besar diisi Prabowo Subianto. Bagaimana tidak, defisit fiskal terancam melebar akibat proyek ambisius makan siang dan susu gratis.

Tegar Arief Fadly

27 Feb 2024 - 15.06
A-
A+
Program Prabowo Bikin Pening Disiplin Fiskal APBN 2025

Bisnis, JAKARTA — Pemerintahan Presiden Joko Widodo yang menyisakan 7 bulan dibuat pusing tujuh keliling. Bagaimana tidak, rezim yang saat ini berkuasa dituntut menyusun postur fiskal yang harus selaras dengan belanja ambisius pemerintahan baru dalam tahun anggaran 2025.

Di tengah keberhasilan mewujudkan konsolidasi fiskal setelah terkoyak pandemi Covid-19, pemerintah justru terkesan gegabah dengan mengumbar belanja yang dapat kembali membuka celah defisit anggaran menganga sangat lebar pada tahun depan.

Kemarin, Senin (26/2), sejumlah menteri bersama Presiden Joko Widodo, membahas Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok Pokok Kebijakan Fiskal (KEM PPKF) 2025, cikal bakal Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2025.

Celakanya, target defisit fiskal yang ditetapkan jauh lebih lebar dibandingkan dengan perencanaan awal yang telah disusun oleh Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rinaldi Azka
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.