Progres Proyek di IKN versi Dua BUMN Karya

Dua BUMN Karya, PT Waskita Karya (Persero) Tbk. (WSKT) dan PT PP (Persero) Tbk. (PTPP) saling mengumbar pengerjaan proyek di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Dionisio Damara

27 Sep 2023 - 13.54
A-
A+
Progres Proyek di IKN versi Dua BUMN Karya

Presiden Joko Widodo meninjau progres pembangunan Istana Presiden di Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, pada Jumat, (22/92023). /Setpres

Bisnis, JAKARTA – Dua emiten konstruksi pelat merah, PT Waskita Karya (Persero) Tbk. (WSKT) dan PT PP (Persero) Tbk. (PTPP) saling mengumbar progres pengerjaan proyek di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Direktur Utama Waskita Mursyid mengatakan pengerjaan proyek di IKN masih berjalan sesuai dengan rencana. Salah satunya proyek Jalan Tol IKN Segmen 5A yang telah mencapai progres 54 persen dan ditargetkan selesai pada pertengahan tahun 2024.

“Harapannya konektivitas Jalan Tol IKN ini akan mempersingkat jarak tempuh dari Balikpapan menuju Kawasan Inti IKN, yang sebelumnya sekitar dua jam menjadi hanya sekitar 30 menit.” ucap Mursyid dalam keterangan tertulis, yang diterima Bisnis, Selasa (26/9/2023).

Baca juga: Ambisi & Keyakinan Jokowi HUT Kemerdekaan RI 2024 Digelar di IKN

Selain Tol IKN Segmen 5A, perseroan juga memerinci pengerjaan proyek Jalan Lingkar Sepaku 4 telah mencapai 55,68 persen, Gedung Sekretariat Presiden 24,85 persen, Gedung Kemenko 3 16,82 persen, sementara progres pekerjaan Gedung Kemenko 4 mencapai 22,22 persen.

Selanjutnya, progres proyek Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) 1,2, dan 3 mencapai 5,58 persen dan proyek jalan feeder Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN sebesar 3,07 persen. Adapun pekerjaan rumah susun untuk ASN baru dimulai.

Sejak akhir tahun 2022 hingga saat ini, Mursyid mengatakan bahwa Waskita telah meraih kontrak proyek IKN sebesar Rp8,35 triliun dengan porsi yang diterima mencapai Rp5,94 triliun. Total ada 8 proyek yang digarap oleh perseroan.




Di sisi lain, PTPP menyatakan progres pembangunan proyek di IKN masih berjalan sesuai target. Sampai dengan Agustus lalu, sedikitnya ada 10 proyek yang digenggam oleh PTPP.

Sepuluh proyek itu adalah Jalan Tol IKN, Jalan Sisi Kebangsaan Sumbu Barat, Kawasan Inti Pusat Pemerintahan 1 dan 2, Istana Presiden dan lapangan upacara, kantor presiden, gedung Kementerian Sekretariat Negara, akses Masjid IKN, dermaga logistik, serta rusun ASN.

Baca juga: Rencana Stanford University Dibangun di IKN Nusantara

Sekretaris Perusahaan PTPP Bakhtiyar Efendi memerinci capaian progres dari sejumlah proyek tersebut. Semisal, proyek Jalan Sisi Kebangsaan Sumbu Bara yang pengerjaannya telah mencapai 56,4 persen dan ditargetkan rampung pada April 2024.

“Begitu juga dengan pengerjaan Istana Negara dan Lapangan Upacara yang sudah mencapai 27,5 persen, serta pengerjaan Kantor Presiden yang sudah mencapai 38,3 persen,” tuturnya.

Dia menambahkan PTPP terus berupaya dan optimistis dapat menyelesaikan proyek-proyek di IKN dengan tetap mengutamakan mutu dan kualitas. Akselerasi progres akan terus diupayakan agar pelaksanaan Upacara 17 Agustus 2024 dapat digelar di IKN Nusantara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.