Bisnis, JAKARTA – Kabar baik bagi eksportir dan importir. Tarif kontainer diperkirakan menjinak tahun ini karena mobilisasi kapal-kapal kontainer meskipun masih mahal dibandingkan dengan sebelum pandemi.
Tindakan pengendalian Covid-19 yang melunak bersamaan dengan kemajuan peluncuran vaksinasi dan pembalikan tren dekontainerisasi memicu penurunan tarif pengapalan kontainer tahun ini sekitar 30 persen, menurut IHS Markit.
Pasokan kapal-kapal kontainer baru akan membantu pelandaian tarif. Setelah tarif kontainer meroket tahun lalu, operator-operator memodifkasi kapal kargo umum (breakbulk) dan kargo serupa dengan bulker bermesin (supramax dan handysize) menjadi kapal peti kemas. Kapal-kapal kontainer baru pun akan diluncurkan tahun ini.
Prediksi IHS Markit selaras pula dengan Freightos Baltic Index yang menampakkan tarif kontainer global US$9.660 per 4 Februari, turun dari puncaknya US$11.109 pada 10 September 2021. Tarif kontainer berangsur-angsur turun ke bawah US$10.000 mulai November 2021.