Prospek Cerah Tarif Kontainer di Luar, tapi Mendung di Tanah Air

Pasokan kapal-kapal kontainer baru dan pengendalian Covid-19 yang lebih longgar akan membantu pelandaian tarif kontainer global. Namun, penerapan floating booking space oleh pelayaran Merah Putih akan mengerek naik tarif pengiriman kontainer domestik.

Sri Mas Sari

6 Feb 2022 - 23.34
A-
A+
Prospek Cerah Tarif Kontainer di Luar, tapi Mendung di Tanah Air

Truk melintas di kawasan pelabuhan peti kemas Jakarta International Container Terminal (JICT) di Jakarta, Kamis (19/12/2019). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis, JAKARTA – Kabar baik bagi eksportir dan importir. Tarif kontainer diperkirakan menjinak tahun ini karena mobilisasi kapal-kapal kontainer meskipun masih mahal dibandingkan dengan sebelum pandemi.

Tindakan pengendalian Covid-19 yang melunak bersamaan dengan kemajuan peluncuran vaksinasi dan pembalikan tren dekontainerisasi memicu penurunan tarif pengapalan kontainer tahun ini sekitar 30 persen, menurut IHS Markit.

Pasokan kapal-kapal kontainer baru akan membantu pelandaian tarif. Setelah tarif kontainer meroket tahun lalu, operator-operator memodifkasi kapal kargo umum (breakbulk) dan kargo serupa dengan bulker bermesin (supramax dan handysize) menjadi kapal peti kemas. Kapal-kapal kontainer baru pun akan diluncurkan tahun ini. 

Prediksi IHS Markit selaras pula dengan Freightos Baltic Index yang menampakkan tarif kontainer global US$9.660 per 4 Februari, turun dari puncaknya US$11.109 pada 10 September 2021. Tarif kontainer berangsur-angsur turun ke bawah US$10.000 mulai November 2021. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Sri Mas Sari
company-logo

Lanjutkan Membaca

Prospek Cerah Tarif Kontainer di Luar, tapi Mendung di Tanah Air

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.