Prospek Ciamik Kawasan Industri Tetap Tumbuh Positif di 2023

Kawasan industri menjadi sektor yang tahan banting selama pandemi Covid-19. Sejumlah konsultan properti memproyeksikan permintaan lahan industri di Indonesia diprediksi masih akan terus meningkat di tahun ini.

Yanita Petriella

28 Jan 2023 - 18.46
A-
A+
Prospek Ciamik Kawasan Industri Tetap Tumbuh Positif di 2023

Salah satu kawasan industri di Batang, Jawa Tengah. /Dok. Bisnis.

Bisnis, JAKARTA – Kawasan industri menjadi sektor yang tahan banting selama pandemi Covid-19. Sejumlah konsultan properti memproyeksikan permintaan lahan industri di Indonesia diprediksi masih akan terus meningkat di tahun kelinci air. 

Berdasarkan laporan Colliers Indonesia, lahan di kawasan industri Bekasi yang selama ini difavoritkan pengembang mulai ditinggalkan. Pasalnya permintaan yang tinggi membuat ketersediaan lahan kosong kian terbatas. Pengembang pun disarankan mulai melirik potensi dari daerah lain seperti Sukabumi dan Serang.  

Head of Research Colliers Indonesia Ferry Salanto mengatakan saat ini, beberapa kawasan industri populer tidak lagi menyediakan lahan baru karena adanya keterbatasan lahan untuk ekspansi. 

“Meski harga sewa lahan di Bekasi masih tinggi, namun tidak ada lagi tanah untuk pengembangan di masa depan. Beberapa perusahaan telah melihat daerah di luar Bekasi yang masih memiliki persediaan tanah mentah yang besar,” ujarnya dikutip, Sabtu (28/1/2023). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
company-logo

Lanjutkan Membaca

Prospek Ciamik Kawasan Industri Tetap Tumbuh Positif di 2023

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.