Prospek Ekonomi Eropa Kelam Usai Kenaikan Suku Bunga 75 BPS

Pertumbuhan ekonomi kawasan Uni Eropa makin suram setelah Bank Sentral Eropa (ECB) mengerek suku bunga acuan sebesar 75 basis poin pada Kamis (8/9/2022) untuk meredam inflasi. Hal itu ditambah dengan ketegangan geopolitik yang menghentikan suplai pasokan gas dari Rusia.

Nindya Aldila

8 Sep 2022 - 22.18
A-
A+
Prospek Ekonomi Eropa Kelam Usai Kenaikan Suku Bunga 75 BPS

Simbol euro raksasa di depan kantor Bank Sentral Eropa (ECB) di Frankfurt, Jerman.

Bisnis, JAKARTA - Pertumbuhan ekonomi kawasan Uni Eropa makin suram setelah Bank Sentral Eropa mengerek suku bunga acuan sebesar 75 basis poin pada Kamis (8/9/2022), kenaikan tertinggi dalam sesi tunggal, untuk meredam inflasi yang sudah tembus 9 persen pada Agutus. 

European Central Bank (ECB) memutuskan mengerek suku bunga deposito menjadi sebesar 0,75 persen dari 0,0 persen. Adapun suku bunga main refinancing operations naik menjadi 1,25 persen dari sebelumnya 0,5 persen. Bank sentral kembali mengerek suku bunga setelah kenaikan Juli sebesar 50 basis poin.  

Langkah agresif tersebut selaras dengan yang dilakukan oleh Federal Reserve, yang diperkirakan melakukan ketiga berturut-turut dengan ukuran yang sama bulan ini.

Dengan suku bunga deposito di atas nol, ECB juga berarti mengakhiri sistem yang disebut tiering yang diatur oleh para pejabat pada akhir 2019 untuk melunakkan efek kebijakan moneter negatif pada bank.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Nindya Aldila
company-logo

Lanjutkan Membaca

Prospek Ekonomi Eropa Kelam Usai Kenaikan Suku Bunga 75 BPS

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.