Prospek Ekonomi: Napas Tambahan Kejar Pertumbuhan

Pelaku ekonomi mendapatkan napas tambahan untuk dapat melanjutkan berbagai ekspansi yang mampu mendukung laju pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) pada 2024.

Tim Redaksi

22 Apr 2024 - 19.47
A-
A+
Prospek Ekonomi: Napas Tambahan Kejar Pertumbuhan

Ilustrasi pertumbuhan ekonomi./BISNIS

Bisnis, JAKARTA – Sengketa pemilihan umum Presiden (Pilpres) berakhir, hal ini menjadi angin segar domestik dan membuat pelaku ekonomi mulai melanjutkan rencana ekspansinya di sisa tahun ini. Hal ini dapat menyokong kinerja pertumbuhan ekonomi tetap di atas 5%.

Pengumuman hasil sengketa pilpres oleh MK pada hari ini memberikan kepastian kepada pelaku usaha untuk segera melakukan investasi atau ekspansi yang sempat tertunda akibat aksi wait and see selama rangkaian Pemilu 2024. 

Apalagi, Bank Indonesia mencatat pada kuartal I/2024, kinerja kegiatan dunia usaha yang tecermin dari saldo bersih tertimbang mencapai 14,11%--lebih tinggi dibanding kuartal IV/2023 sebesar 13,17%. Kemudian, kinerja manufaktur pada kuartal I/2024 juga berada pada jalur ekspansi tecermin dari PMI BI sebesar 52,8% lebih tinggi dibanding kuartal IV/2023  51,2%.

Pada saat bersamaan, BPS merilis neraca perdagangan Indonesia pada kuartal I/2024 mengalami surplus US$7,3 miliar atau turun 68,4% YoY. Surplus sejalan dengan aktivitas impor yang melandai di tengah ekspor yang masih menantang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rinaldi Azka
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.