Prospek Emiten CPO Tahun 2023, Didukung Harga dan Biodiesel

Proyeksi melandainya harga minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) pada 2023 menjadi faktor utama yang berisiko menekan margin keuntungan emiten perkebunan. Kendati begitu, implementasi kebijakan biodiesel dengan kadar CPO yang lebih tinggi, serta peluang meningkatnya permintaan CPO China dan India berpotensi menjadi katalis positif.

Emanuel Berkah Caesario

16 Des 2022 - 19.52
A-
A+
Prospek Emiten CPO Tahun 2023, Didukung Harga dan Biodiesel

Ilustrasi sawit dan minyak sawit. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA – Emiten perkebunan diyakini masih dapat mencatatkan kinerja optimal pada tahun 2023 seiring dengan terjaganya level harga CPO serta tingginya permintaan yang ditopang oleh kebijakan bahan bakar biodiesel dari Indonesia dan Malaysia.

Equity Research Analyst Phintraco Sekuritas, Alrich Paskalis Tambolang, memaparkan ada beberapa sentimen yang mempengaruhi kinerja emiten perkebunan sepanjang tahun 2022. Pengetatan kebijakan moneter oleh the Fed, konflik Rusia-Ukraina, kebijakan zero covid, dan pemberlakuan lockdown di China membuat harga CPO berfluktuasi sepanjang tahun ini.

“Pergerakan harga CPO berada pada kisaran US$909,32 per metrik ton hingga US$1.340 per metrik ton sepanjang Januari–September 2022. Sementara itu, pada Januari 2021 harga CPO tercatat di kisaran US$990 per metrik ton dan pada September di level US$1,180 per metrik ton,” jelasnya saat dihubungi, Senin (12/12/2022).

Alrich menjelaskan di tengah sejumlah risiko ketidakpastian tersebut, emiten CPO masih mampu menunjukkan pertumbuhan pendapatan pada kuartal III/2022 secara year-on-year (YoY).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Prospek Emiten CPO Tahun 2023, Didukung Harga dan Biodiesel

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.