Prospek Fintech Klaster Syariah Perbesar Kue Bisnis

Industri finansial teknologi atau fintech di Indonesia khususnya di klaster syariah nampaknya mulai unjuk gigi. Seiring dengan inovasi dan strategi yang ditawarkan pemain fintech syariah, investor juga mulai melirik untuk menanamkan modal di sektor tersebut. Lantas seberapa prospektif?

Asteria Desi Kartikasari

30 Apr 2022 - 20.08
A-
A+
Prospek Fintech Klaster Syariah Perbesar Kue Bisnis

Ilustrasi teknologi finansial/Flickr

Bisnis, JAKARTA— Prospek platform teknologi finansial pendanaan bersama atau peer to peer lending juga bakal berperan dalam lanskap industri keuangan berbasis syariah di Indonesia.  Apalagi investor juga mulai mengincar untuk menanamkan modalnya, khususnya di klaster fintech syariah Indonesia untuk memperbesar kue bisnisnya.

Misalnya saja, belum lama ini platform pendanaan bersama (P2P lending) klaster syariah PT Alami Fintek Sharia (ALAMI) diguyur dana sebesar US$30 juta dari Lendable, lembaga penyedia pendanaan khusus platform teknologi finansial di seluruh dunia.

Adapun,  ALAMI menjadi institusi keuangan syariah pertama yang berhasil mengantongi fasilitas pendanaan berbasis syariah dari Lendable, dengan akad Wakalah bil Istithmar.  CEO ALAMI Group, Dima Djani mengatakan, pendanaan yang diperoleh akan disalurkan kepada proyek-proyek UMKM yang membutuhkan pembiayaan syariah, dalam rangka memberikan solusi atas financing gap yang terjadi di Indonesia. 

“Saat ini terdapat permintaan pembiayaan bagi UMKM sebesar US$165 miliar, namun baru dapat terpenuhi US$57 miliar, sehingga menimbulkan gap besar yang perlu dipenuhi. Oleh karena itu, dengan dukungan dari Lendable dapat menstimulasi dan menggairahkan kembali sektor UMKM sebagai tulang punggung ekonomi nasional,” ujarnya dalam keterangan resminya dikutip Sabtu (30/4/2022).
 
Selain itu, Dima menjelaskan pihaknya juga berharap bisa ikut berperan mempercepat pengembangan industri halal Indonesia yang juga sejalan dengan visi dan misi Pemerintah saat ini. Terlebih, industri halal di Indonesia memiliki potensi yang menjanjikan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
company-logo

Lanjutkan Membaca

Prospek Fintech Klaster Syariah Perbesar Kue Bisnis

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.