Prospek Gempal Investasi Properti Ritel Alfresco Dining

Merujuk data Badan Pusat Statistis (BPS) tahun 2022, jumlah usaha penyedia makanan dan minum skala menengah besar pada 2022 tercatat sebesar 10.900 usaha atau tumbuh 20,76% dari tahun 2021.

Yanita Petriella

15 Mar 2024 - 17.20
A-
A+
Prospek Gempal Investasi Properti Ritel Alfresco Dining

Salah satu konsep alfresco dining di Jakarta. /Istimewa

Bisnis, JAKARTA – Pandemi covid-19 yang telah mereda memunculkan suatu tren kuliner baru yang tidak lagi berada di dalam pusat perbelanjaan atau mal tetapi ritel food and beverage (F&B) ini berada di luar mal atau berkonsep alfresco dining. 

Merujuk data Badan Pusat Statistis (BPS) tahun 2022, jumlah usaha penyedia makanan dan minum skala menengah besar pada 2022 tercatat sebesar 10.900 usaha atau tumbuh 20,76% dari tahun 2021. Sebagian usaha penyedia makanan dan minuman skala besar berlokasi di kawasan mall atau pertokoan sebesar 50,44%. Usaha penyedia makanan dan minuman skala menengah besar terbanyak di Pulau Jawa dimana terbanyak di Provinsi DKI Jakarta dan Jawa Barat, sedangkan di luar Jawa berada di Provinsi Sumatra Selatan dan Bali.

Berdasarkan data Knight Frank Indonesia, dalam tiga tahun terakhir terdapat 13 street mall atau alfresco dining ritel tumbuh di Jakarta. Konsep ini menawarkan ruang terbuka dengan ruang interaksi yang lebih fleksibel.

Alfresco dining ritel mengusung konsep pusat kuliner (FnB) yang tidak lagi berada di dalam pusat perbelanjaan atau mal. Ritel ini umumnya berupa makanan dan minuman, serta gerai-gerai yang berkaitan dengan gaya hidup (lifestyle retail).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
company-logo

Lanjutkan Membaca

Prospek Gempal Investasi Properti Ritel Alfresco Dining

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.