Prospek Indonesia 2023, Cerah di Tengah Muramnya Kondisi Global

Ada beberapa tantangan yang dihadapi pada 2022 dan 2023 yang menyebabkan situasi ekonomi dan politik global mengalami gejolak, penuh ketidakpastian.

Saeno

28 Apr 2022 - 18.32
A-
A+
Prospek Indonesia 2023, Cerah di Tengah Muramnya Kondisi Global

Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut Indonesia dan negara-negara lain di dunia pada tahun ini dan tahun depan akan menghadapi situasi yang tidak mudah. Ada beberapa tantangan yang dihadapi pada 2022 dan 2023 yang menyebabkan situasi ekonomi dan politik global mengalami gejolak, penuh ketidakpastian. 

Presiden mengungkapkan tantangan pertama adalah pandemi belum sepenuhnya berakhir. Beberapa negara masih bergulat menekan penyebaran Covid-19 bahkan masih melakukan lockdown. Kedua, gangguan rantai pasok (supply chain) yang dampaknya ke mana-mana. Ketiga, perang Rusia-Ukraina yang memunculkan krisis energi dan pangan. 

"Akhirnya inflasi global meningkat tajam dan pertumbuhan ekonomi global juga akan mengalami perlambatan," kata Presiden Jokowi saat membuka Musrembangnas 2022, di Istana Negara, Jakarta, Kamis (28/4/2022). 

Terkait inflasi, Jokowi menyebut kondisi di Turki, Amerika Serikat, dan Indonesia. Turki mengalami kenaikan inflasi yang paling tinggi, 61,1 persen. Amerika yang biasanya di bawah 1 persen, sekarang sudah 8,5 persen. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno
company-logo

Lanjutkan Membaca

Prospek Indonesia 2023, Cerah di Tengah Muramnya Kondisi Global

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.