Prospek Industri Batu Bara Masih Memanas di 2024

Indonesia tak lantas ketar ketir seiring meningkatnya produksi negara penghasil batu bara dunia. Bahkan pemerintah telah menaikkan target produksi untuk tahun 2024 menjadi 710 juta ton, meningkat dari target 2023 menyentuh 694,5 juta ton. Bagaimana prospeknya?

Rayful Mudassir

1 Jan 2024 - 19.56
A-
A+
Prospek Industri Batu Bara Masih Memanas di 2024

Bisnis, JAKARTA - Industri pertambangan batu bara dalam negeri masih menyimpan optimisme pada tahun ini meski dibayangi oleh peningkatan produksi produsen utama seperti India dan China. 

Sebelum tutup tahun, India terang-terangan merencanakan pembangunan pembangkit listrik baru. Seiring target tersebut, New Delhi membidik produksi batu bara hingga 1 miliar ton pada 2024, melonjak dari capaian 700 juta ton pada tahun lalu. 

Begitupun, China -produsen sekaligus importir utama batu bara- telah merencanakan proyek jangka panjang dalam mengamankan pasokan batu bara domestik melalui pembangunan sistem produksi batu bara cadangan pada 2027. 

Pada 2022, produksi batu bara Beijing telah menyentuh 4,5 miliar ton. Raihan ini bakal terus ditingkatkan sekaligus untuk menekan laju impor batu bara yang salah satunya disumbangkan oleh Indonesia. S&P Global menyebutkan bahwa impor China atas komoditas fosil itu bakal terus merosot dari 302 juta ton pada 2023 menjadi 221 juta ton pada 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
company-logo

Lanjutkan Membaca

Prospek Industri Batu Bara Masih Memanas di 2024

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.