Prospek Kobalt RI Terangsang Industri Baterai Kendaraan Listrik

Kobalt diperkirakan menjadi primadona baru Indonesia seiring dengan ambisi pemerintah mengembangkan ekosistem kendaraan listrik di dalam negeri. Pemerintah menyiapkan peta jalan khusus untuk mengembangkan komoditas logam ini.

Rayful Mudassir

12 Feb 2023 - 11.38
A-
A+
Prospek Kobalt RI Terangsang Industri Baterai Kendaraan Listrik

Pekerja melakukan proses pemurnian dari nikel menjadi feronikel di fasilitas pengolahan dan pemurnian (smelter) Pomalaa milik PT Aneka Tambang (ANTAM) Tbk, di Kolaka, Sulawesi Tenggara, Selasa (852018).JIBI-Nurul Hiday

Bisnis, JAKARTA - Ambisi pemerintah mempersiapkan industri kendaraan listrik merangsang investasi baru pada pabrik pengolahan dan pemurnian atau smelter bijih nikel kadar rendah alias limonit, termasuk untuk memproduksi kobalt.

Gelagat pemerintah mengembangkan industri antara hingga hilir pada nikel kadar rendah terbaca pada dorongan peralihan investasi pada smelter berteknologi high pressure acid leaching (HPAL) atau hidrometalurgi. 

Strategi itu diharapkan dapat meningkatkan produksi rantai bahan baku baterai kendaraan listrik seperti nikel sulfat dan kobalt sulfat beberapa tahun ke depan. Sebagai informasi, kobalt dibutuhkan untuk katoda baterai lithium-ion bersama nikel dan mangan. Produk ini juga menjadi komponen katoda produk baterai all-solid state.

BACA JUGA: Potensi Besar Kobalt, Primadona Baru Bahan Baku Baterai EV

Editor: Rayful Mudassir
company-logo

Lanjutkan Membaca

Prospek Kobalt RI Terangsang Industri Baterai Kendaraan Listrik

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.