Prospek Melemah Harga Lithium Dunia

Harga litium melejit pada awal 2022, namun kembali menukik pada akhir tahun dan terus berlanjut menurun. Harga salah satu logam terpenting bahan baku baterai kendaraan listrik ini diproyeksikan melemah dalam jangka panjang. Peluang buat Indonesia?

Fatkhul Maskur

2 Sep 2023 - 11.30
A-
A+
Prospek Melemah Harga Lithium Dunia

Lithium, salah satu dari tiga logam terpenting bahan baku baterai. - Foto Bisnis

Bisnis, JAKARTA – Harga lithium melejit pada awal 2022, namun kembali menukik pada akhir tahun dan terus berlanjut menurun. Harga salah satu logam terpenting bahan baku baterai kendaraan listrik ini diproyeksikan melemah dalam jangka panjang. Peluang buat Indonesia?

Berdasarkan laporan SNE Research, harga lithium  karbonat sempat melonjak hingga 580.000 yuan (sekitar US$79.934,94) per ton pada awal 2022 karena kekurangan pasok. Namun, sejak akhir 2022, harganya anjlok ke level 160.000 yuan (US22.051,02) hanya dalam waktu 5 bulan.

Penurunan yang mendadak ini ditafsirkan sebagai dampak dari penghentian subsidi untuk kendaraan listrik yang ditawarkan oleh pemerintah China, dan peningkatan persediaan baterai yang disimpan oleh produsen.

"Harga lithium karbonat diperkirakan akan tetap berada pada tren penurunan namun stabil hingga 2028," tulis laporan SNE Research yang dikutip, Jumat (1/9/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur
company-logo

Lanjutkan Membaca

Prospek Melemah Harga Lithium Dunia

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.