Prospek Pariwisata dan Perhotelan Bali di Tengah Kemelut Predikat Overtourism

Kunjungan wisatawan mancanegara di Bali terus mengalami pemulihan dimana saat ini kondisinya hampir seperti sebelum pandemi Covid-19. Meskipun Bali mendapatkan label overtourism, namun pariwisata Bali tetap menarik minat wisman dan wisnus.

Yanita Petriella

15 Mei 2024 - 00.35
A-
A+
Prospek Pariwisata dan Perhotelan Bali di Tengah Kemelut Predikat Overtourism

Destinasi wisata Pura Melanting Buleleng Bali. /Kemenparekraf

Bisnis, JAKARTA – Kunjungan wisatawan di Bali terus mengalami pemulihan pascapandemi Covid-19. Bahkan, angka kunjungan wisatawan pun hampir mendekati kondisi sebelum pandemi Covid-19.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) Bali dalam tiga bulan pertama tahun 2024 mencapai 1.344.541 jiwa. Angka ini mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2023 yang mencapai 1.025.990 jiwa dan juga lebih tinggi jika dibandingkan pada kuartal I tahun 2019 yang mencapai 1.342.595 kunjungan. 

Sepanjang tahun lalu, jumlah wisman yang berkunjung ke pulau Dewata mencapai 5.273.258 jiwa, mengalami kenaikan dari tahun 2022 yang mencapai 2.155.747 jiwa. Adapun jumlah kunjungan wisman sepanjang tahun 2019 mencapai 6.275.210 jiwa. 

CEO Oxo Group Indonesia Johannes Weissenbaeck mengatakan kondisi pariwisata di Bali terus mengalami pulih. Saat ini tingkat hunian atau okupansi penginapan di Bali sudah mulai kembali seperti sebelum pandemi Covid-19. Rerata okupansi di Bali mencapa 67%. Namun saat ini kondisi okupansi di Bali terus mengalami peningkatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.