Prospek Saham BTN (BBTN) Usai Cetak Laba Gemuk

Saham PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. diperkirakan masih akan melanjutkan penguatan, seiring dengan positifnya prospek bisnis perseroan tahun ini di tengah sejumlah inisiatif yang sedang dipersiapkan perseroan.

Emanuel Berkah Caesario

19 Feb 2024 - 17.19
A-
A+
Prospek Saham BTN (BBTN) Usai Cetak Laba Gemuk

Bisnis, JAKARTA — Kalangan analis memiliki alasan yang cukup kuat untuk meyakini kinerja keuangan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. bakal terus menguat tahun ini, menjadikan sahamnya pun makin menarik untuk dikoleksi.

Sepanjang 2023 lalu, emiten berkode saham BBTN ini melaporkan laba bersih senilai Rp3,5 triliun, naik 15% year-on-year (YoY). Menariknya, pertumbuhan laba ini terjadi di tengah penurunan pendapatan bunga bersih atau net interest income (NII) sebesar -10,4% YoY menjadi Rp13,43 triliun.

Tekanan NII terjadi seiring dengan beban bunga yang melonjak 36,1% YoY menjadi Rp14,85 triliun, sedangkan pendapatan bunga hanya naik 9,2% YoY menjadi Rp28,28 triliun. Kondisi ini menjadikan margin bunga bersih atau net interest margin (NIM) turun 65 bps dari 4,4% menjadi 3,8%.

Tekanan terjadi di tengah kondisi likuiditas yang mengetat, lantaran pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK) perseroan sepanjang 2023 tidak setinggi pertumbuhan kredit. DPK tercatat tumbuh 8,7% YoY menjadi Rp350 triliun, sedangkan kredit melaju 11,9% YoY menjadi Rp333,7 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.