Prospek Saham PTBA Usai Bagi Dividen Jumbo

Mayoritas analis tidak begitu optimistis terhadap prospek saham PT Bukit Asam Tbk. (PTBA), sehingga memilih untuk merekomendasikan hold atau jual sahamnya. Harga batu bara yang lesu menjadi faktor utamanya.

Redaksi

12 Jun 2024 - 17.16
A-
A+
Prospek Saham PTBA Usai Bagi Dividen Jumbo

Alat stacker-reclaimer batu bara PT Bukit Asam Tbk. (PTBA). Alat ini digunakan untuk mengambil batu bara dari tumpukan menuju conveyor untuk kemudian dikirim ke train loading station.Bisnis - Aprianto Cahyo Nugroho

Bisnis, JAKARTA — PT Bukit Asam Tbk. (PTBA) telah merealisasikan pembagian dividen senilai Rp4,58 triliun dari laba Tahun Buku 2023 pada akhir pekan lalu, Jumat (7/6/2024). Namun, usai pembagian dividen tersebut, sahamnya justru terus melemah.

Emiten batu bara tersebut membagikan 75% laba tahun berjalan yang dapat didistribusikan kepada pemilik entitas induk tahun buku 2023 sebagai dividen. Adapun, sepanjang 2023, PTBA mencatatkan pendapatan sebesar Rp38,49 triliun, sehingga mampu mencetak laba bersih Rp6,11 triliun.

Namun, patut dicatat bahwa pendapatan perseroan tersebut mengalami penurunan sebesar 9,75% secara tahunan atau year-on-year (YoY), sedangkan laba bersihnya anjlok 51,42% YoY.

Corporate Secretary Bukit Asam, Niko Chandra, mengungkapkan bahwa pencapaian tersebut merupakan hasil dari upaya perseroan dalam meningkatkan kinerja operasional sepanjang 2023. Secara umum, kinerja operasional perseroan sejatinya bertumbuh. Namun, harga jual batu bara melemah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.