Prospek Segar Industri Susu 2023

Industri susu di dalam negeri memiliki prospek segar mengingat kebutuhan produk penyempurna makanan sehat yang terus meningkat seiring dengan bertambahnya penduduk, perbaikan kondisi ekonomi, dan sederet faktor lain.

Fatkhul Maskur

27 Jun 2023 - 15.02
A-
A+
Prospek Segar Industri Susu 2023

Peternak menuangkan susu sapi hasil perahan ke wadah, di Subang, Jawa Barat, Sabtu (28/3/2015)./JIBI-Bisnis/Rachman

Bisnis, JAKARTA - Industri susu di dalam negeri memiliki prospek segar mengingat kebutuhan produk penyempurna makanan sehat yang terus meningkat seiring dengan bertambahnya penduduk, perbaikan kondisi ekonomi, dan sederet faktor lain.

Berdasarkan laporan Kementerian Pertanian bertajuk Outlook Susu, konsumsi susu masyarakat Indonesia pada 2019 di kisaran 1.014.371 ton, dan terus bertumbuh dengan angka proyeksi pada tahun ini mencapai 1.146.152 ton. "Pertumbuhan kebutuhan susu sapi lebih dari 5 persen per tahun." 

Pada saat yang sama, pertumbuhan produksi susu sapi dalam negeri pada hanya di kisaran 2 persen per tahun. Pada 2019, produksi susu sapi Indonesia sebanyak 971.450 ton, dan pada tahun ini diproyeksikan sekitar 1.053.236 ton.

Berdasarkan hasil proyeksi produksi dan konsumsi susu sapi, Indonesia diperkirakan mengalami defisit susu sapi yang semakin besar. Pada tahun ini, defisit mencapai 92.916 ton. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.