Prospek Segmen Nikel Antam (ANTM) Jadi Katalis Pendorong di 2023

Sejumlah analis menurunkan rating berkaitan dengan outlook industri nikel pada 2023 yang masih di bayang-bayang ancaman resesi. Beberapa katalis negatif juga menjadi ancaman sektor komoditas itu sehingga dapat menekan emiten produsen nikel Tanah Air, termasuk PT Aneka Tambang Tbk. (ANTM).

Asteria Desi Kartikasari

1 Des 2022 - 21.26
A-
A+
Prospek Segmen Nikel Antam (ANTM) Jadi Katalis Pendorong di 2023

Pekerja melakukan proses pemurnian dari nikel menjadi feronikel di fasilitas pengolahan dan pemurnian (smelter) Pomalaa milik PT Aneka Tambang (ANTAM) Tbk, di Kolaka, Sulawesi Tenggara, Selasa (8/5/2018)./JIBI-Nurul Hidayat

Bisnis, JAKARTA—Segmen nikel emiten tambang pelat merah PT Aneka Tambang Tbk. (ANTM) mengalami penurunan sampai dengan kuartal III/2022.  Sektor nikel juga sempat melesu di tengah sentimen keputusan pemerintah untuk memberlakukan larangan ekspor bijih nikel, sehingga dapat menekan margin emiten.

Kondisi tersebut besar kemungkinan akan berdampak pada pergerakan saham emiten. Tidak heran, sejumlah analis menurunkan ratingnya berkaitan dengan outlook industri nikel pada 2023 yang masih di bayang-bayang ancaman resesi. 

Analis Mirae Asset Sekuritas Juan Harahap dan Rizkia Darmawan menyebutkan, berdasarkan studi resesi di Amerika Serikat (AS) pada tahun 1990, 2001, 2008, dan 2020, harga nikel turun setiap kali resesi, berkisar antara 7,4 persen sampai 67,4 persen dengan rata-rata 32,5 persen. Sementara penurunan terbesar terjadi selama resisi tahun 2008.

“Perhatian utama kami untuk 2023 terletak pada potensi perlambatan permintaan pertumbuhan global yang lebih besar dari perkiraan di tengah kenaikan inflasi, terutama dari harga energi, yang dapat mengurangi permintaan nikel dari baja tahan karat,” paparnya dalam riset, dikutip Kamis (1/12/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
company-logo

Lanjutkan Membaca

Prospek Segmen Nikel Antam (ANTM) Jadi Katalis Pendorong di 2023

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.