Prospek Surat Utang di Negara Berkembang Kian Tak Pasti

Negara berkembang menghadapi situasi yang sulit karena pengetatan moneter di negara maju yang berlangsung lama.

Nindya Aldila

4 Sep 2023 - 20.09
A-
A+
Prospek Surat Utang di Negara Berkembang Kian Tak Pasti

Ilustrasi surat utang. (Canva)

Bisnis, JAKARTA - Negara berkembang menghadapi situasi yang sulit karena pengetatan moneter di negara maju yang berlangsung lama. Prospek surat utang berdenominasi lokal menjadi makin berisiko jika Federal Reserve kembali mengerek suku bunga.

Bagi investor obligasi terbesar di dunia sekelas BlackRock Inc., mereka bertaruh bahwa siklus pengetatan akhirnya berakhir. Pasalnya, kebijakan moneter yang terus ketat akan menciptakan permasalahan yang lebih besar bagi surat utang negara berkembang.

Sementara itu, para pengambil kebijakan moneter terus berupaya mengamankan mata uangnya di tengah ancaman El Nino yang dapat berdampak ke inflasi.

Hal itu terlihat dari data Bloomberg yang memperlihatkan ukuran untuk utang turun 2 persen pada Agustus, sementara itu, indeks nilai tukar mata uang negara berkembang tergelincir hingga 1,5 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Nindya Aldila
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.