Proteksi Pangan, Dunia Bisa Diguncang Perang Dagang Lagi

Konflik Rusia-Ukraina muncul sebagai goncangan baru yang membuat perekonomian global terguncang. Kini, proteksi pangan menjadi ancaman baru goncangan ekonomi yang harus dihadapi dunia, juga Indonesia.

Saeno

29 Mei 2022 - 14.36
A-
A+
Proteksi Pangan, Dunia Bisa Diguncang Perang Dagang Lagi

India berencana membatasi ekspor gula. Proteksi pangan berpotensi mendorong dunia terjebak dalam perang dagang yang luas./Antara

Bisnis, JAKARTA – Dunia menghadapi goncangan yang nyaris tidak berhenti sejak wabah Covid-19. Setelah wabah mereda di banyak negara, konflik Rusia-Ukraina muncul sebagai goncangan baru yang membuat perekonomian global terguncang. Kini, proteksi pangan menjadi ancaman baru goncangan ekonomi yang harus dihadapi dunia, juga Indonesia.

Dunia bisa saja menghadapi lonjakan inflasi karena harga produk impor meningkat yang bisa berdampak pada peningkatan harga semua barang dan jasa. Ditambah dengan masih macetnya rantai pasok dunia, terutama karena penguncian ketat di China, inflasi impor menjadi ancaman nyata yang harus dihadapi negara-negara di dunia. 

Kenaikan-kenaikan biaya-biaya impor itu mau tidak mau harus diantisipasi dengan pengendalian inflasi di masing-masing negara. 

Selain membuat pasokan pangan terancam, krisis pangan juga bisa memantik perang dagang secara global.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno
company-logo

Lanjutkan Membaca

Proteksi Pangan, Dunia Bisa Diguncang Perang Dagang Lagi

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.