Proyek Infrastruktur Pacu Permintaan Rumah Vista Land di Bekasi

Permintaan rumah harga di bawah Rp200 juta di Bekasi Jawa Barat mengalami peningkatan karena akses infrastruktur jalan tol.

Yanita Petriella

15 Okt 2023 - 04.51
A-
A+
Proyek Infrastruktur Pacu Permintaan Rumah Vista Land di Bekasi

Gran Harmoni Cibitung di kawasan Muktiwari, Cibitung yang dikembangkan oleh Vista Land

Bisnis, JAKARTA – Permintaan rumah harga di bawah Rp200 juta di Bekasi Jawa Barat mengalami peningkatan. Salah satunya hunian Gran Harmoni Cibitung di kawasan Muktiwari, Cibitung dikembangkan oleh Vista Land yang menjual 160 unit dalam waktu lima bulan. 

Project Manager Gran Harmoni Cibitung Steven Putra mengatakan permintaan yang meningkat tersebut terjadi pada hunian Lunaria yang merupakan klaster pertama Perumahan Gran Harmoni Cibitung. Adapun dari 200 unit yang ditawarkan sejak April 2023 hingga saat ini tersisa 40 unit atau sekitar 20 persen. 

Steven optimistis hingga akhir tahun ini sebanyak 40 unit klaster Lunaria akan habis terjual. Keoptimisan tersebut selain lokasi yang mudah diakses juga karena cicilan yang terjangkau oleh kalangan milenial dan desain rumah yang menarik. 

“Kami melakukan akad massal pertama sebanyak 55 unit, berikutnya akan diselenggarakan bulan depan November,” ujarnya, Sabtu (14/10/2023). 

Vista Land tengah membangun 200 unit rumah di klaster Lunaria. Adapun sebanyak 100 unit rumah diantaranya siap serah terima atau handover, namun 100 unit lainnya masih dalam proses pembangunan. Dia menjamin serah terima unit dapat dilakukan dalam waktu kurang lebih setahun. 

“Pembeli saat ini bisa lebih cepat, begitu KPR-nya disetujui bank dan akad kredit mereka bisa langsung serah terima unit,” katanya.

Hunian di klaster Lunaria ini sebagian besar merupakan rumah subsidi yang harganya dipatok pemerintah sebesar Rp181 juta. Meskipun rumah subsidi, namun Steve menjamin kualitas rumah dan fasilitas kawasannya merupakan perumahan real estat. Rencananya, pada tahun depan Vista Land akan mengembangkan hunian komersial dengan harga yang masih terjangkau. 

Baca Juga: Vista Land Mulai Kembangkan Gran Harmoni Cibitung Tahap 2



Steve menuturkan permintaan rumah harga terjangkau di bawah Rp200 juta di wilayah Cibitung yang tinggi ini karena lokasinya tidak jauh dari Kelapa Gading dan sejumlah pabrik industri yang mempekerjakan ribuan karyawan yang rerata berusia 25 hingga 35 tahun.

Meningkatnya permintaan di kawasan Cibitung ini karena masifnya pembangunan infrastruktur khususnya jalan tol. Apalagi setelah beroperasinya Gerbang Tol Gabus atau Jalan Tol Cibitung – Cilincing pada Februari 2023.

Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) melakukan perbaikan jalan (pengecoran beton) di sekitar exit tol, salah satunya Jalan Sari Mukti Cibitung yang saat ini terdapat sekitar 10 proyek perumahan sedang dikembangkan.

Kemudahan akses ini tentu diikuti lonjakan permintaan hunian sehingga juga berdampak pada nilai investasi properti terutama tanah.

“Daripada mereka mengontrak terus, lebih menguntungkan jika beli rumah sekarang. Biaya sewa kontrakan bisa dipakai untuk cicilan per bulan, dibandingkan selama hidup harus ngontrak dan tidak punya rumah,” ucapnya. 

Dia meyakini dalam beberapa tahun mendatang kawasan Cibitung akan berkembang pesat. Pasalnya, masyarakat masih banyak yang membutuhkan rumah sehingga potensi kenaikan harganya juga cukup tinggi. 

Selain itu masyarakat yang beraktivitas di Jakarta Timur dan Jakarta Utara juga menjadi pasar potensial yang dibidik Gran Harmoni Cibitung. Adapun rencananya, Vista Land akan membangun sebanyak 5.000 unit rumah di atas lahan seluas 50 hektare di Gran Harmoni Cibitung. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.