Proyek Jalan Tol Terpanjang Bali Ditender Ulang Usai Mangkrak

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berencana melakukan pelelangan ulang jalan Tol Gilimanuk – Mengwi di Bali yang sebelumnya mangkrak pembangunannya.

Alifian Asmaaysi

2 Nov 2023 - 12.58
A-
A+
 Proyek Jalan Tol Terpanjang Bali Ditender Ulang Usai Mangkrak

Jalan tol Bali Mandara Antara-Fikri Yusuf-msl

Bisnis, JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berencana melakukan pelelangan ulang jalan Tol Gilimanuk – Mengwi di Bali yang sebelumnya mangkrak pembangunannya.

Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur (PI) Kementerian PUPR Herry Trisaputra Zuna, menjelaskan, saat ini pihaknya masih mengkaji dan tengah menempuh proses persetujuan harga perkiraan (HP) atas proyek tersebut.

“Kita masih proses persetujuan HP-nya di keuangan. Kemarin itu sudah ada persetujuan awal, nanti masih kita lengkapi untuk bisa persetujuan akhir final nanti baru lelang”

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menuturkan rencana tender ulang Jalan Tol Gilimanuk – Mengwi dilakukan karena pemrakarsa awal gagal mendapat pendanaan atau investor untuk pembangunan tol terpanjang di Bali tersebut. 

“Kami tenderkan karena yang kemarin pemrakarsa itu failed atau gagal untuk mendapatkan pendanaan. Jadi sesuai dengan aturan kami batalin mudah-mudahan November ini sudah bisa tender,” katanya. 

Baca Juga: Konektivitas Tol Trans-Sumatra Terus Dipacu Dorong Daya Saing



Dia berharap tender yang akan dilakukan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) bisa menggaet investor sehingga pembangunan bisa segera dilaksanakan. 

Pemerintah membuka peluang investor dari dalam dan luar negeri untuk terlibat pendanaan tol Gilimanuk – Mengwi.

Untuk diketahui, Jalan Tol Gilimanuk – Mengwi terdiri dari 3 Seksi. Perinciannya, Seksi 1 Gilimanuk – Pekutatan sepanjang 53,6 km, Seksi 2 Pekutatan – Soka sepanjang 24,3 km dan Seksi 3 Soka – Mengwi sepanjang 18,9 km.

Sebelumnya, jalan tol yang dibangun melintasi 3 Kabupaten, 13 Kecamatan dan 58 Desa ini rencanannya ditargetkan rampung selambat-lambatnya pada 2028.

Hadirnya jalan tol ini dipercaya dapat menjadi solusi atas permasalahan kemacetan ruas arteri nasional, dan mempersingkat waktu perjalanan menuju Denpasar yang awalnya bisa sekitar 5 jam hingga 7 jam dapat menjadi sekitar 1,5 jam hingga 2 jam saja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.