Proyek Pembangunan Kawasan Istana Negara IKN Nusantara Dikebut

Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur terus dikebut. Penandatanganan kontrak proyek pembangunan Istana negara IKN Nusantara akan diteken pada pekan depan setelah ditetapkan pemenang tender dalam waktu dekat.

Yanita Petriella

14 Okt 2022 - 22.02
A-
A+
Proyek Pembangunan Kawasan Istana Negara IKN Nusantara Dikebut

Jembatan Pulau Balang di wilayah IKN Nusantara

Bisnis, JAKARTA – Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur terus dikebut. Salah satunya, pekerjaan infrastruktur pembangunan Istana Negara yang nantinya terletak di Kawasan Inti Pusat Pemerintah (KIPP). 

Saat ini, proyek Istana Negara IKN tengah memasuki proses tender. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan penandatanganan kontrak proyek pembangunan Istana negara di IKN Nusantara akan diteken pada pekan depan setelah ditetapkan pemenang tender dalam waktu dekat. Adapun pembangunan Istana Negara dilakukan dengan menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Pemerintah memproyeksi total dana yang dibutuhkan untuk membangun IKN sekitar Rp466 triliun hingga Rp486 triliun. Berdasarkan rencana awal, APBN akan menanggung 19 persen atau sekitar Rp88,54 triliun hingga Rp92,34 triliun. Perkiraan anggaran untuk membangun IKN hingga tuntas dapat mencapai Rp486 triliun. Jika alokasi APBN dalam pembangunan IKN mencapai 20 persen, maka pengeluaran untuk proyek tersebut dapat mencapai sekitar Rp97 triliun.

Pemerintah menjelaskan bahwa anggaran pembangunan IKN tidak akan berada di satu kantong, melainkan tersebar ke kementerian-kementerian terkait sesuai tugasnya dalam rangka pembangunan IKN. Misalnya, Kementerian PUPR yang mengantongi anggaran Rp46 triliun untuk pembangunan di sana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
company-logo

Lanjutkan Membaca

Proyek Pembangunan Kawasan Istana Negara IKN Nusantara Dikebut

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.