Proyek Pipanisasi Gas Bumi Terkoneksi dari Aceh—Jawa Dikebut

Selain menargetkan pembangunan infrastruktur gas bumi Cirebon—Semarang Tahap II selesai pada 2025, pemerintah juga meminta pembangunan infrastruktur gas bumi lainnya, seperti pipanisasi Dumai—Sei Mangkei segera dimulai.

Stepanus I Nyoman A. Wahyudi & Ibeth Nurbaiti

17 Jan 2024 - 17.56
A-
A+
Proyek Pipanisasi Gas Bumi Terkoneksi dari Aceh—Jawa Dikebut

Seorang pegawai tengah memeriksa saluran pipa gas milik PT Perusahaan Gas Negara Tbk. (PGAS)./BISNIS

Bisnis, JAKARTA — Sangat besarnya potensi gas bumi Indonesia, sejalan dengan banyaknya temuan baru dari sejumlah lokasi di Tanah Air memantik pemerintah untuk segera mempercepat pembangunan infrastruktur pengangkut komoditas energi tersebut.

Pemerintah berupaya menyambungkan infrastruktur gas dari ujung timur Pulau Jawa hingga ujung barat Sumatra, agar pemanfaatan gas bumi menjadi makin optimal dan terjangkau bagi masyarakat.

Selain menargetkan pembangunan infrastruktur gas bumi Cirebon—Semarang Tahap II selesai pada 2025, pemerintah juga meminta pembangunan infrastruktur gas bumi lainnya, seperti pipanisasi Dumai—Sei Mangkei segera dimulai. Harapannya, keberadaan infrastruktur tersebut dapat mengantisipasi tambahan produksi gas bumi dari Blok Andaman di perairan Aceh.

Seperti yang diungkapkan Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Tutuka Ariadji, upaya membangun interkoneksi pipa transmisi gas bumi dari Jawa Timur hingga ke Aceh itu sejalan dengan penemuan potensi gas yang besar di beberapa lokasi di Indonesia bagian barat dan tengah, seperti di wilayah Andaman di perairan Aceh, serta Blok Agung I dan Agung II di utara pulau Bali dan Lombok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
company-logo

Lanjutkan Membaca

Proyek Pipanisasi Gas Bumi Terkoneksi dari Aceh—Jawa Dikebut

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.