Free

Proyeksi Ekonomi saat Prabowo-Gibran Menang Pilpres 2024 Satu Putaran

Warga Indonesia tengah menghadapi isu yang cukup berat. Salah satunya harga bahan pangan yang naik hingga kelangkaan stok beras jelang Ramadan dan di tengah pemilu 2024.

Annasa Rizki Kamalina

14 Feb 2024 - 21.17
A-
A+
Proyeksi Ekonomi saat Prabowo-Gibran Menang Pilpres 2024 Satu Putaran

Petugas pemilu sedang melakukan penghitungan suara pemilihan presiden dan wakil presiden. Bisnis/Himawan L. Nugraha.

Bisnis, JAKARTA – Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka terpantau unggul, bahkan berpotensi menang Pilpres 2024 dalam satu putaran. 

Di tingkat nasional dalam quick count yang dirilis oleh Lembaga Survei Indonesia (LSI) per pukul 18.59 WIB dari data yang masuk sebanyak 75,85%, Prabowo-Gibran unggul dengan perolehan suara 57,3%. 

Kemudian diikuti nomor urut 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan 25,43% serta paslon nomor urut 03 Ganjar Pranowo-Mahfud MD yang memiliki 17,26% suara. 

Direktur Eksekutif Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira mengungkapkan meski dalam hitung cepat atau quick count sudah menunjukkan tanda-tanda kemenangan Prabowo-Gibran, nyatanya warga Indonesia tengah menghadapi isu yang cukup berat. 

Baca juga: Penjelasan Sri Mulyani Blokir Anggaran Rp50,14 Triliun di Tahun Politik

Salah satunya harga bahan pangan yang naik hingga kelangkaan stok beras jelang Ramadan dan di tengah pemilu 2024.  

Di belahan dunia lainnya, Bhima berpandangan situasi global tidak berpihak terhadap Indonesia karena anjloknya harga komoditas dunia yang sejalan dengan melemahnya kesehatan ekonomi negara mitra dagang, terutama China.  

“Prabowo menjabat jadi presiden pun situasinya tidak mewah untuk melakukan kebijakan yang sifatnya populis seperti makan siang gratis. Saya kira kalau diterapkan secara nasional akan berat,” ujarnya kepada Bisnis, Rabu (14/2/2024).   

Meski demikian, penting menjadi perhatian siapa yang akan melanjutkan peran menteri ekonomi seperti Luhut Binsar Pandjaitan dan Sri Mulyani Indrawati. 

 

https://images.bisnis.com/upload/img/Foto_prabowo_Pilpres_2024.jpg

 

Masalah jika terlalu banyak politis yang masuk di bidang ekonomi. Bhima mengkhawatirkan hal ini akan menurunkan kredibilitas pemerintah ke depannya. 

“Ke depan dengan target yang cukup ambisus untuk pertumbuhan ekonomi 7%, misalnya, harus ada kebijakan extraordinary. Sejauh ini belum ada gebrakan untuk mengerek ekonomi selain hilirisasi,” lanjutnya.

Investor Tak Lagi Wait and See 

Dengan kemenangan satu putaran, ekonom melihat ketidakpastian yang selama ini menghantui investor untuk menanamkan modalnya di RI akan sirna. 

Direktur Eksekutif Center of Reform on Economics (Core) Mohammad Faisal mengatakan apabila terjadi kemenangan satu putaran, dampak jangka pendek yang dirasakan setidaknya akan lebih cepat memberikan kepastian bagi para investor.  

“Dengan satu putaran, mempercepat kepastian keputusan bisnis. Tadinya banyak ditahan keputusannya, sekarang jadi lebih cepat untuk diputuskan. Juga sudah kelihatan arah kebijakan ke depan kalau Prabowo-Gibran sudah jelas melanjutkan kebijakan Jokowi, jadi jelas untuk investor,” tuturnya. 

Baca juga: Ekonomi saat Prabowo-Gibran Menang Pilpres 2024 Satu Putaran

Pasalnya, kebijakan ke depannya menjadi kunci penting bagi kepastian para investor tersebut. Selain itu, dorongan terhadap konsumsi masyarakat dan belanja pemerintah, sebagaimana tren belanja di tahun-tahun pemilu, akan berlanjut. 

Meski demikian, Faisal memberikan catatan bahwa dengan berlanjutnya program Jokowi di bawah kepemimpinan anak sulungnya tersebut, artinya akan melanjutkan kelemahan dari 10 tahun perjalanan Jokowi. 

“Termasuk masalah good governance yang dipermasalahkan sebagian pelaku usaha serta investor, termasuk juga arah pembangunan akan berlanjut pada 5 tahun ke depan dan kualiatas pembangunan ekonomi. Termasuk berlanjutnya penanganan kemiskinan yang akan bertumpu pada kebijakan populis, yaitu bansos,” ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.