Proyeksi Harga Batu Bara 2023 & Sinyal Revisi Peringkat Saham

Bara batu baru cenderung kembali meredup dibandingkan dengan tahun lalu, seiring dengan fase normalisasi. Meskipun emiten produsen komoditas hitam tersebut masih percaya harga masih ekonomis atau cenderung tinggi sehingga perusahaan masih berpeluang menyaku profit.

Asteria Desi Kartikasari

12 Jun 2023 - 16.17
A-
A+
Proyeksi Harga Batu Bara 2023 & Sinyal Revisi Peringkat Saham

Proses pemuatan batu bara ke tongkang di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Rabu (13/10/2021). Bloomberg/Dimas Ardian

Bisnis, JAKARTA— Bara batu baru cenderung kembali meredup dibandingkan dengan tahun lalu, seiring dengan fase normalisasi. Meskipun emiten produsen komoditas hitam tersebut masih percaya harga masih ekonomis atau cenderung tinggi sehingga perusahaan masih berpeluang menyaku profit. 

Misalnya saja pada perdagangan Jumat (9/6/2023), harga batu bara Nescastle berada pada level US$154,45 per ton.  Adapun posisi tersebut cenderung turun dari akhir Maret 2023 pada kisaran US$200 per ton. 

Terkait hal itu, emiten batu bara pun sepakat, dalam hal ini PT Harum Enerfy Tbk. (HRUM) dan PT Tambangraya Megah Tbk. (ITMG) mengamini harga batu bara 2023 mengalami normalisasi atau cenderung turun dari tahun lalu. Direktur Utama Harum Energy Ray Antonio Gunara mengatakan dua tahun terakhir merupakan periode yang luar biasa bagi industri batu bara. 

Akan tetapi, tahun ini perkembangan pertumbuhan ekonomi di China membuat harga batu bara mengalami penurunan dalam 3-4 bulan ke belakang.  “Strategi kami menyangkut batu bara, kami akan terus mencoba mempertahankan produksi batu bara kami di level 4-5 juta ton, dengan meningkatkan investasi baru untuk produksi,” ujar Ray dalam paparan publik (12/6/2023). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.