Proyeksi Muram Harga Komoditas Batu Bara

Harga batu bara diproyeksi mengalami penurunan paling tajam dibandingkan dengan komoditas energi lainnya. Kondisi tersebut salah satunya disebabkan oleh adanya peningkatan produksi dalam negeri.

Asteria Desi Kartikasari

28 Apr 2023 - 18.24
A-
A+
Proyeksi Muram Harga Komoditas Batu Bara

Bisnis, JAKARTA— Harga batu bara diproyeksi mengalami penurunan paling tajam dibandingkan dengan komoditas energi lainnya. Kondisi tersebut salah satunya disebabkan oleh adanya peningkatan produksi dalam negeri. 

Kondisi tersebut diperkirakan Bank Dunia atau World Bank lewat laporan terbarunya yang berjudul Commodity Markets Outlook. Pada laporan yang dirilis pada 27 April 2023 itu, harga komoditas global diperkirakan mengalami penurunan dengan laju tercepatnya sejak pandemi Covid-19. Tapi secara kumulatif, harga produk komoditas diperkirakan turun sebesar 21 persen pada 2023 dibandingkan dengan tahun lalu alias secara year on year (yoy). 

Sementara harga energi diproyeksikan turun 26 persen secara yoy pada tahun ini.Harga minyak mentah Brent dalam dolar AS diperkirakan berada di level US$84 per barel tahun ini. Jika terealisasi, level harga itu turun 16 persen dari rata-rata pada 2022. Sementara itu, harga gas alam menjadi salah satu yang diperkirakan mengalami penurunan paling besar pada tahun ini, jika dibandingkan dengan komoditas energi lainnya.

Bank Dunia memperkirakan, harga gas alam di Eropa dan Amerika Serikat turun lebih dari 50 persen pada 2023 dibandingkan dengan 2022. Harga acuan gas alam di Eropa diperkirakan turun sebesar 53 persen dari rata-rata tahun 2022. Permintaan yang mengalami penurunan di tengah tingginya stok menjadi salah satu penyebabnya. Selanjutnya harga acuan gas alam di AS diperkirakan turun sebesar 58 persen pada 2023 secara yoy. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
company-logo

Lanjutkan Membaca

Proyeksi Muram Harga Komoditas Batu Bara

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.