PTDI Kirimkan Unit Ketujuh Helikopter Bell 412EPI ke Kemenhan

PT Dirgantara Indonesia mengirimkan unit ketujuh helikopter serbu Bell 412EPI kepada Kementerian Pertahanan untuk TNI Angkatan Darat, Senin (6/12/2021).

Fatkhul Maskur

7 Des 2021 - 12.09
A-
A+
PTDI Kirimkan Unit Ketujuh Helikopter Bell 412EPI ke Kemenhan

Unit ketujuh helikopter serbu Bell 412EPI lepas landas dari Apron Hanggar Rotary Wing PTDI, Bandung menuju Skadron 11 Serbu Lanud Ahmad Yani, Semarang. - Foto PTDI

Bisnis, JAKARTA - PT Dirgantara Indonesia (PTDI) mengirimkan helikopter serbu Bell 412EPI kepada Kementerian Pertahanan untuk TNI Angkatan Darat dari Hanggar Rotary Wing PTDI Bandung, Senin (6/12/2021). Pengiriman itu menjadi yang ketujuh kalinya dilakukan untuk Kemenhan guna menambah armada TNI AD. 

“Sudah dilaksanakan pemeliharaan dan tes selama 22 jam 30 menit terhadap Heli Serbu Bell 412EPI ketujuh yang akan dikirimkan hari ini," Mayor Cpn Supriyadi, Pilot TNI Angkatan Darat, saat persiapan ferry flight heli serbu ketujuh dari total 9 unit pesanan Kementerian Pertahanan RI untuk TNI Angkatan Darat. 

Heli Serbu Bell 412EPI, diakuinya, memang lebih nyaman dan andal dibandingkan dengan seri sebelumnya Bell 412EP, baik dari sisi power maupun pengoperasiannya.

Heli serbu ketujuh dengan tail number HX-4149 yang dikirimkan itu berhasil lepas landas dari Apron Hanggar Rotary Wing PTDI, Bandung menuju Skadron 11 Serbu Lanud Ahmad Yani, Semarang, dengan estimasi waktu penerbangan selama 1 jam 40 menit. 

Dalam kegiatan ferry flight atau penerbangan khusus nonkomersial kali ini, PTDI juga mengikutsertakan pilot helikopter dari Flight Test Center PTDI, Bima Yhoga Batara sebagai Copilot.

Sebanyak 7 (tujuh) unit helikopter serbu Bell 412EPI yang sudah dikirimkan tersebut, seluruhnya telah terealisasi pengirimannya ahead of time dari target waktu yang disepakati dalam kontrak, yang mana 1 (satu) unit heli serbu selanjutnya akan dikirimkan di akhir Desember 2021 dan 1 (satu) unit pada Januari 2022.  

”Apa yang kita hasilkan hari ini adalah kerja bersama, kami PTDI telah berusaha secara maksimal, dari rekan-rekan yang ada di Program dan Helikopter Completion Center ini berusaha memberikan yang terbaik. Segala masukan yang ada tentunya juga untuk perbaikan bersama. Sekali lagi atas nama manajemen terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan,” kata Batara Silaban, Direktur Produksi PTDI.

Ia menegaskan, PTDI berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam memberikan dukungan kebutuhan alutsista guna membantu pelaksanaan tugas dan kelancaran operasi Puspenerbad

Helikopter serbu Bell 412EPI ditenagai oleh mesin Pratt & Whitney PT6T-9 Twin Pac, dengan tenaga take off 13% lebih besar dibanding jenis mesin Bell 412EP, serta dilengkapi dengan Minigun M134D yang mengusung kaliber 7,62x51 mm dan external rescue hoist system

Kementerian Pertahanan telah membeli 9 unit helikopter Bell 412EPI seharga US$183 juta atau setara Rp256 miliar. Helikopter yang dipasok Bell Textron ini dirakit oleh PT Dirgantara Indonesia (PTDI) dengan sejumlah penyesuaian.

Helikopter pertama dikirimkan pada  29 Desember 2020. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.