Puncak Mudik Lebaran 2023: Pembelian Bensin Melonjak 43 Persen

Berdasarkan catatan Sub Holding Commercial & Trading Pertamina, PT Pertamina Patra Niaga, persentase kenaikan pembelian bensin itu berbanding dengan rerata pembelian BBM pada bulan-bulan sebelumnya.

Ibeth Nurbaiti

24 Apr 2023 - 16.30
A-
A+
Puncak Mudik Lebaran 2023: Pembelian Bensin Melonjak 43 Persen

Sejumlah kendaraan mengisi bahan bakar di SPBU Rest Area KM 338 ruas tol Pemalang-Batang, Pekalongan, Jawa Tengah, Selasa (18/4/2023). Permintaan Bahan Bakar Minyak (BBM) di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Rest Area 338 A melonjak signifikan pada H-4 Lebaran, mencapai 103 ton per Selasa (18/4/2023) sore. Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis, JAKARTA — PT Pertamina (Persero) mencatat pembelian bahan bakar minyak (BBM) gasoline atau bensin mengalami kenaikan 43 persen pada puncak arus mudik lebaran tahun ini.

Berdasarkan catatan Sub Holding Commercial & Trading Pertamina, PT Pertamina Patra Niaga, persentase kenaikan pembelian bensin itu berbanding dengan rerata pembelian BBM pada bulan-bulan sebelumnya. 

“Untuk yang saat puncak tanggal 20-nya dua hari sebelum lebaran, demand gasoline naik 43 persen dibandingkan dengan rerata normalnya,” kata Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting saat dihubungi Minggu (23/4/2023).

Baca juga: Mudik Lebaran 2023: Sekitar 12.209 Kendaraan Kurang Saldo e-Toll

Di sisi lain, realisasi pembelian untuk produk gasoil atau diesel mengalami penurunan yang signifikan sebesar 28,5 persen jika dibandingkan dengan rerata biasanya. Penyusutan pembelian BBM diesel itu menandakan berkurangnya kegiatan industri selama masa lebaran tahun ini. 

Adapun, Irto mengatakan bahwa perseroan telah mengantisipasi terjadinya potensi lonjakan pembelian bensin untuk masa arus balik yang diperkirakan mulai terjadi pada hari ini, Senin (24/4/2023). “Kami sudah siapkan semua fasilitas dalam kondisi aman, stok di setiap SPBU tetap dijaga,” ujar Irto.

Sebelumnya, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati dalam keterangan tertulisnya menyebutkan bahwa berdasarkan hasil monitoring Pertamina Integrated Enterprise Data and Command Center (PIEDCC) Pertamina terlihat puncak arus mudik terjadi pada H-2 atau Kamis (20/4/2023).

Dengan adanya laporan dari PIEDCC yang dikeluarkan setiap hari, Pertamina dapat terus memonitor stok BBM secara langsung. Setelah berhasil mengamankan stok BBM saat arus mudik, Pertamina selanjutnya akan fokus mengelola pasokan BBM di daerah tujuan mudik dan daerah wisata.

Baca juga: Tip Mengatasi Stres Saat Terjebak Macet Panjang yang Melelahkan

“Alhamdulillah berhasil kami tangani dengan baik, tidak ada kelangkaan BBM di jalur-jalur mudik, stok BBM juga terjaga aman. Tiga hari ini kami akan fokus mengelola pasokan BBM di daerah-daerah tujuan mudik dan daerah-daerah wisata, dan selanjutnya kami akan siap-siap menyambut arus balik,” kata Nicke.

Dia juga mengimbau kepada seluruh masyarakat yang ingin membeli BBM, dapat menggunakan metode pembayaran secara cashless atau nontunai untuk mengurai antrean di SPBU. Adapun, pembayaran nontunai tersebut bisa melalui aplikasi MyPertamina, di mana di dalamnya terdapat sejumlah promo menarik yang bisa diperoleh masyarakat.

Baca juga: Penampakan dari Udara Jalur Pansela, Alternatif Arus Balik

Selain itu, Pertamina pada masa mudik Lebaran 2023 juga menyiapkan 402 motoris yang siap melayani kebutuhan BBM bagi kendaraan yang terjebak kemacetan, termasuk di jalan tol. Masyarakat bisa menggunakan Pertamina Delivery Service (PDS) dengan menghubungi call center Pertamina 135. Selanjutnya, motoris akan menuju lokasi dengan membawa BBM. (Nyoman Ary Wahyudi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.