Punya Dana Melimpah Tak Menjamin Jadi Nasabah Prioritas BCA

Ternyata tidak sembarangan orang bisa menjadi anggota BCA Prioritas dan BCA Solitaire meskipun memiliki uang dalam jumlah besar.

Fahmi Ahmad Burhan

9 Sep 2023 - 15.51
A-
A+
Punya Dana Melimpah Tak Menjamin Jadi Nasabah Prioritas BCA

Nasabah BCA sedang bertransaksi menggunakan ATM. Bisnis/Abdurrachman.

Bisnis, JAKARTA – PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) mempunyai layanan khusus bagi nasabah tajir yakni BCA Prioritas dan BCA Solitaire. Namun, hanya nasabah undangan saja yang bisa menjadi anggotanya.

Direktur BCA Haryanto Budiman mengatakan jumlah nasabah yang menjadi anggota BCA Prioritas dan BCA Solitaire terus berkembang.

"Nasabah yang masuk kategori high net worth itu sekitar 300.000, tiap tahun terus tumbuh," katanya dalam konferensi pers BCA Expo 2023 pada Jumat (8/9/2023).

Di saat yang sama, BCA berupaya fokus mengembangkan pasar nasabah tajir ini. "Kami memberikan layanan wealth management. Mereka [nasabah] jadi bisa beli bond hingga reksadana di BCA," ujarnya.

Baca juga: Ratusan Kantor Bank Tutup di Semester I/2023 Imbas Digitalisasi

Bank pun terus berupaya memberikan edukasi melalui layanan wealth management agar terhindar dari investasi bodong.

"Masyarakat terbuai dengan tawaran robot trading misalnya. Untung 60 persen per bulan. Ada juga 20 persen per bulan interest. Itu enggak mungkin. Maka kami edukasi untuk beli produk yang legitimate," ujar Haryanto. 

Sementara itu, tidak sembarangan orang bisa menjadi anggota BCA Prioritas dan BCA Solitaire. Haryanto menjelaskan hanya undangan yang bisa masuk sebagai anggota nasabah tajir itu.

"Undangan dari kami, jadi tidak serta merta masuk. Kami punya balance tertentu. Ada kriteria internal yang memang kami terapkan," jelasnya.


Ilustrasi kartu ATM BCA Prioritas. /CekPremi

Berdasarkan laman resminya, terdapat ketentuan baru keanggotaan BCA Prioritas dan BCA Solitaire per 1 Mei 2023. Selain mendapatkan undangan dari BCA, nasabah harus memiliki total rata-rata saldo simpanan (tabungan+ giro+ deposito) dan investasi dalam 3 bulan terakhir minimal Rp1 miliar untuk BCA Prioritas, serta Rp5 miliar untuk BCA Solitaire. 

Tidak hanya itu, nasabah yang menjadi anggota BCA Prioritas dan Solitaire tidak termasuk ke dalam kategori non-performing loan alias tidak memiliki kredit bermasalah di BCA.

Bank dapat mengakhiri ketentuan anggota BCA Prioritas dan BCA Solitaire apabila nasabah terkena biaya layanan BCA Prioritas sebanyak 6 kali dalam periode 12 bulan. Agar tidak terkena biaya layanan, nasabah prioritas BCA harus memenuhi minimal total rata-rata saldo simpanan dan investasi yang telah ditentukan.

Baca juga: Memangkas BPR, Menumbuhkan Asetnya

Keanggotaan BCA Prioritas dan BCA Solitaire juga berakhir jika tingkat kolektibilitas kredit nasabah menurun menjadi kurang lancar, diragukan, dan macet. Selain itu juga nasabah tersangkut kasus pidana dan telah ditetapkan sebagai terpidana.

Sebelumnya, Executive Vice President Secretariat & Corporate Communication BCA Hera F. Haryn menjelaskan bahwa undangan menjadi anggota BCA Prioritas dan BCA Solitaire bersifat eksklusif.

“Jadi, jika ada pihak lain yang menawarkan jasa upgrade menjadi nasabah BCA Prioritas melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, atau WhatsApp, sudah pasti itu penipuan,” tegas Hera kepada Bisnis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.