Pusat Belanja Menadah Berkah Tingkat Kunjungan & Okupansi Momen Ramadan

Tingkat kunjungan ke pusat belanja menjelang dan pada saat Ramadan serta Idulfitri di tahun ini ditargetkan akan meningkat 20% dibandingkan dengan tahun lalu.

Yanita Petriella

24 Feb 2024 - 20.23
A-
A+
Pusat Belanja Menadah Berkah Tingkat Kunjungan & Okupansi Momen Ramadan

kunjungan mal

Bisnis, JAKARTA — Menjelang Ramadan dan di tengah kenaikan bahan kebutuhan pokok, kalangan bisnis pusat perbelanjaan atau mal optimistis tingkat kunjungan sampai dengan Ramadan dan Idulfitri di tahun ini akan bertumbuh. Kendati demikian, memang terdapat tantangan ritel di tengah gejolak ketidakpastian ekonomi. 

Ekonom senior Indef Aviliani mengatakan sekitar 80% pertumbuhan konsumsi di dalam negeri mayoritas dikontribusi oleh 40% total penduduk Indonesia berkategori ekonomi menengah dan 20% masyarakat ekonomi teratas. Kontribusi setiap kategori pada konsumsi adalah 35% dan 45%.

“Sektor ritel sekarang sudah tumbuh hampir sama sebelum masa pandemi Covid-19 karena sejak pandemi dinyatakan selesai, demand(permintaan) kembali. Ini terlihat dari pertumbuhan konsumsi sudah 55 persen dari PDB, investasi sudah 30 persen,” ujarnya dikutip Sabtu (24/2/2024),

Namun, kemampuan belanja masyarakat kalangan menengah dan teratas terus menurun pada 2023. Data Badan Pusat Statistik menunjukkan, konsumsi rumah tangga pada kuartal IV tahun 2023 hanya tumbuh 4,47% secara tahunan yang turun dari kuartal III tahun 2023 yang tumbuh 5,06% secara tahunan dan kuartal IV tahun 2022 yang tumbuh 4,5% secara tahunan.

Sepanjang 2023, pertumbuhan konsumsi hanya 4,82%, lebih rendah dari 2022 sebesar 4,94% yang menjadi titik balik pemulihan ekonomi pascapandemi. Laju konsumsi itu juga jauh di bawah pertumbuhan ekonomi nasional yang menyentuh 5,04%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.