Pusat Perbelanjaan Bersiap Hadapi Badai Baru Pasca Pandemi

Setelah mulai mengalami pemulihan akibat pembatasan saat pandemi Covid-19, pusat perbelanjaan atau mal harus menghadapi tekanan daya beli akibat kenaikan bahan bakar minyak (BBM). Naiknya harga BBM berdampak pada tekanan daya beli khususnya pada kelas menengah bawah.

Yanita Petriella

2 Okt 2022 - 20.41
A-
A+
Pusat Perbelanjaan Bersiap Hadapi Badai Baru Pasca Pandemi

Gambaran kondisi pusat perbelanjaan

Bisnis, JAKARTA – Setelah mulai mengalami pemulihan akibat pembatasan saat pandemi Covid-19, pusat perbelanjaan atau mal harus menghadapi tekanan daya beli akibat kenaikan bahan bakar minyak (BBM). 

Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Alphonzus Widjaja mengatakan naiknya harga BBM berdampak pada tekanan daya beli khususnya pada kelas menengah bawah. Menurutnya, dampak penaikan BBM tak akan berlangsung lama terhadap konsumsi masyarakat atau paling lama 2 hingga 3 bulan ke depan. Adapun penurunan kunjungan terhadap pusat perbelanjaan sekitar 30 persen. 

“Dampaknya 2-3 bulan ke depan ada pengurangan tingkat penjualan akibat kenaikan BBM. Tapi di kuartal IV kondisi jauh lebih stabil. Sudah masuk Natal dan tahun baru dan sudah menjelang akhir November tingkat penjualan sudah mulai naik, kunjungan bertambah. Ini yang akan cukup menolong juga. Saya kira dampaknya ada di Oktober, November dan setelahnya ada kestabilan,” ujarnya kepada Bisnis, akhir pekan kemarin. 

Saat ini, kondisi pusat perbelanjaan tengah dalam kondisi low season. Namun pengelola mal sudah terbiasa selama 3 tahun menghadapi krisis sejak pandemi Covid-19. Terlebih dengan pandemi yang terkendali, berdampak positif terhadap kunjungan pusat perbelanjaan. Adapun saat ini pusat perbelanjaan telah beroperasi 12 jam sehingga sebagian besar tingkat kunjungan pusat perbelanjaan telah mencapai 100 persen. Di Jabodetabek sendiri tingkat kunjungan rerata telah mencapai 90 persen. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
company-logo

Lanjutkan Membaca

Pusat Perbelanjaan Bersiap Hadapi Badai Baru Pasca Pandemi

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.