Putar Otak Jasa Asuransi Kurangi Dampak Negatif Pungutan PPN

Pengenaan PPN jasa asuransi dinilai akan membuat bisnis asuransi tertatih. Sebab regulasi anyar tersebut dapat berdampak pada bertambahnya beban bagi masyarakat ataupun konsumen akhir atas pembayaran premi asuransi.

Asteria Desi Kartikasari

14 Apr 2022 - 15.43
A-
A+
Putar Otak Jasa Asuransi Kurangi Dampak Negatif  Pungutan PPN

Karyawan beraktivitas di dekat logo-logo perusahaan asuransi di kantor Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) di Jakarta, Rabu (5/1/2021). Bisnis/Suselo Jati

Bisnis,JAKARTA—   Keresahan industri asuransi timbul dengan adanya Undang-Undang tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan  atau HPP. Beleid pajak itu membuka jalan pemungutan pajak terhadap bisnis jasa asuransi yang dikenakan pajak pertambahan nilai (PPN).

Tidak ada pilihan lainnya meskipun perusahaan asuransi akan mengalami banyak kesulitan dalam pelaksanaan aturan. Sebab regulasi pengenaan pajak PPN untuk jasa agen asuransi, jasa pialang asuransi dan jasa pialang reasuransi sudah ditetapkan Menteri Keuangan Sri Mulyani pada 30 Maret 2022 dan berlaku per 1 April 2022. 

Ketentuan tersebut tertuang dalam  Peraturan Menteri Keuangan Nomor 67/PMK.03/2022 tentang Pajak Pertambahan Nilai atas Penyerahan Jasa Agen Asuransi, Jasa Pialang Asuransi, dan Jasa Pialang Reasuransi.

Diperinci, dalam pasal 3 ayat 2 huruf (a) beleid itu, besaran tarif pajak yang dikenakan adalah sebesar 10 persen dari tarif PPN yang diatur dalam UU PPN dikalikan dengan komisi atau imbalan dengan nama dan dalam bentuk apapun yang dibayarkan kepada agen asuransi.
 
 Lalu, pasal 3 ayat 2 huruf (b) menyebutkan pengenaan tarif sebesar 20 persen dari tarif PPN dikalikan dengan komisi atau imbalan dalam bentuk apapun yang diterima oleh perusahaan pialang asuransi atau pialang reasuransi.
 
Tarif PPN yang dimaksud adalah 11 persen yang mulai berlaku pada 1 April 2022, dan 12 persen yang mulai berlaku pada 2025. Regulasi pengenaan PPN atas penyerahan jasa agen asuransi, jasa pialang asuransi, dan jasa pialang reasuransi  memang dinilai akan membebani perusahaan asuransi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
company-logo

Lanjutkan Membaca

Putar Otak Jasa Asuransi Kurangi Dampak Negatif Pungutan PPN

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.